Ciri-Ciri Diabetes Insipidus

Ciri-Ciri Diabetes Insipidus

 

Ciri-Ciri Diabetes Insipidus – Ketika mendengar kata “diabetes” kebanyakan orang berfikir itu adalah kencing manis atau diabetes melitus. Padahal ada jenis diabetes lainnya yaitu diabetes insipidus. Kata diabetes itu sendiri berarti banyaknya produksi urine atau kencing, kalau diabetes melitus sering kencing akibat gula darah tinggi sedangkan diabetes insipidus karena gangguan hormon.

Ciri-Ciri Diabetes Insipidus

Ciri-Ciri Diabetes Insipidus

Penyakit Diabetes insipidus adalah meningkatnya produksi urin atau kencing seseorang yang disebabkan oleh produksi hormon ADH (antidiuretic hormone) yang menurun atau gangguan pada reseptor hormon, sebagai akibatnya ginjal tidak dapat mengatur keseimbangan air dalam tubuh dengan membuat urin lebih encer karena gagal berkonsentrasi. Hal ini menyebabkan tubuh cenderung kehilangan terlalu banyak urin dan mencoba untuk mengkompensasinya, sehingga akan membuat penderita menjadi gampang haus.

ADH merupakan hormon yang dihasilkan oleh hipofisis poterior (bagian belakang) yang mengatur volume darah dengan mempertahankan cairan pada tubuh.

Ciri-Ciri Diabetes Insipidus

Ciri-Ciri diabetes insipidus yang paling utama adalah selalu merasa haus dan sering buang air kecil dalam jumlah banyak. Anda akan selalu dihantui perasaan haus meski sudah minum banyak sekali air.

Jumlah urine yang dikeluarkan penderita diabetes insipidus tiap harinya adalah sekitar 3-20 liter, mulai dari kasus diabetes insipidus yang ringan hingga kasus yang paling parah. Kencing yang dialami penderita kondisi ini bisa sebanyak 3-4 kali per jam.

Ciri-Ciri diabetes insipidus yang muncul di atas bisa mengganggu aktivitas sehari-hari maupun pola tidur Anda. Akibatnya akan muncul rasa lelah, mudah marah, dan sulit untuk berkonsentrasi dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Diabetes insipidus pada anak-anak mungkin lebih sulit untuk dikenali, apalagi anak tersebut belum bisa berkomunikasi dengan baik. Ciri-Ciri diabetes insipidus yang di derita pada anak adalah:

  • Mengompol pada waktu tidur. Ciri-Ciri Diabetes Insipidus
  • Mudah terusik atau marah. Ciri-Ciri Diabetes Insipidus
  • Menangis secara berlebihan. Ciri-Ciri Diabetes Insipidus
  • Suhu tubuh tinggi atau hipertermia.
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Kehilangan selera makan. Ciri-Ciri Diabetes Insipidus
  • Merasa kelelahan dan keletihan.
  • Pertumbuhan lebih lambat.

Pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami dua ciri-ciri diabetes insipidus, yaitu selalu merasa haus dan sering buang air kecil dalam jumlah banyak.

Bagaimana cara mencegah diabetes insipidus ?

Berikut adalah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk cara mencegah diabetes insipidus, yaitu :

  • Cek kesehatan tubuh kita

Cara mencegah diabetes insipidus dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.

  • Ubah pola makan kita

Cara mencegah diabetes insipidus dengan pola makan yang sehat. Ubah pola makan kita menjadi pola makan yang lebih sehat, perbanyaklah makan-makanan sayur serta buah yang kaya akan serat. Kurangi makan-makanan instant siap saji yang banyak mengandung bahan kimia dan pengawet.

  • Perbanyak aktifitas (olahraga)

Cara mencegah diabetes insipidus dengan berolahraga. Olahraga teratur bisa membantu mencegah diabetes dengan mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Olahraga sangat penting terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi. Dengan melakukan aktifitas fisik dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sensitivitas hormone insulin yang dapat membantu menjaga kenormalan kadar gula darah.

  • Diet sehat
jual gula stevia untuk diabetes

Cara mencegah diabetes insipidus dengan diet sehat. Bagi Anda yang memiki berat badan berlebih lakukan diet yang sehat agar terhindar dari penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

  • Jangan merokok

Cara mencegah diabetes insipidus dengan tidak merokok. Merokok dapat membuat kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur gula darah tetap normal menjadi berkurang, sehingga dapat memicu penyakit diabetes, selain itu rokok juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga kanker paru-paru.

Itulah Ciri-Ciri Diabetes Insipidus dan cara mencegahnya. Jaga selalu kesehatan Anda dengan menerapkan pola hidup yang sehat yang seimbang agar terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat..

Ciri-Ciri Diabetes Insipidus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*