Diabetes Adalah- Mengenal Penyakit Diabetes

Diabetes Adalah- Mengenal Penyakit Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi gula darah, hal ini terjadi karena glukosa (gula sederhana) di dalam darah terlalu tinggi. Sehingga tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar atau tidak sempurna. Dalam kinerjanya, makanan setelah cenderung membuat glukosa darah meningkat dan akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Diabetes adalah- Insulin bergerak membuat gula ke dalam sel untuk diubah menjadi energi atau sebagai cadangan energi. Namun, jika terlalu banyak glukosa dalam darah sulit untuk membuat insulin bekerja dengan baik. Diabetes adalah- Hal ini dapat terjadi biasanya pada orang yang memiliki usia lebih dari 30 tahun atau lebih tua. Dengan kurangnya aktivitas yang mengeluarkan energi dapat menjadi pemicu tumbuhnya penyakit mellitus. Kadar gula darah dalam batasan normal adalah antara 70-110mg/liter.

Diabetes Adalah- Mengenal Penyakit Diabetes

Diabetes Adalah- Mengenal Penyakit Diabetes

Diabetes adalah- Secara umumnya, penyakit diabetes dapat

digolongkan sebagai:

•          Diabetes adalah- Diabetes jenis pertama (I) juga dikenali sebagai diabetes bersandar insulin (IDDM – ‘Insulin Dependent Diabetes Mellitus’) atau diabetes awal remaja. Diabetes jenis I dicirikan dengan kegagalan penghasilan insulin oleh kelenjar pankreas. Biasanya, penghidap diabetes jenis pertama mula mendapat simtom penyakit semasa kanak-kanak atau remaja. Diabetes adalah Disebabkan oleh kegagalan penghasilan insulin semula jadi oleh badan, pesakit memerlukan suntikan insulin dari luar untuk pengawalan tahap glukosa darah.

•           Diabetes adalah- Diabetes jenis kedua (II) boleh disebabkan oleh kerintangan insulin (penurunan sensitiviti tisu badan terhadap insulin) dan/atau penghasilan insulin yang berkurangan. Diabetes jenis II, oleh kerana masih mempunyai sedikit sebanyak insulin dari pankreas, boleh dikawal secara pemantauan pangambilan makanan, pengurangan berat badan, bersenam, dan pengambilan ubat secara makan/suapan ( suntikan insulin diperlukan dalam keadaan tertentu sekiranya pengambilan ubat secara makan kurang berkesan atau memberi kesan samping serius kepada pesakit).

Apakah Insulin

Diabetes adalah- Insulin merupakan sejenis hormon yang dihasilkan oleh sel kelenjar pankreas yang dikenali sebagai Langerhans islets (kepulauan kecil). Insulin bertugas untuk menceranakan glukos dan bertindak membenarkan glukos dalam darah menembusi dinding sel.

Diabetes adalah – Faktor lingkungan yang sangat mempengaruhi untuk seseorang berpotensial terserang penyakit diabetes adalah pola makan dan pola hidup yang jelek. Pola makan yang terbiasa dengan makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori tinggi sangat berpotensi untuk meningkatkan resiko diabetes. Diabetes adalah- Adapan pola  hidup jelek adalah pola hidup yang tidak teratur dan penuh tekanan kejiwaan seperti stres yang berkepanjangan, perasaan khawatir dan takut yang berlebihan dan jauh dari nilai-nilai spiritual diyakini sebagai faktor terbesar untuk seseorang gampang terserang penyakit berat baik diabetes maupun penyakit berat lainnya. Di samping itu aktifitas fising yang rendah juga berpotensi untuk seseorang terjangkit penyakit diabetes.
Diabetes adalah- Penyebab diabetes biasanya karena hasil insuli tidak cukup untuk mengakomodasi kadar gula dan sel-sel tubuh tidak merespon insulin. Dan ini biasanya terjadi karena kandungan lemak yang besar dalam tubuh tidak sempurna karena kurangnya aktivitas setiap hari. Penyebab lainya biasanya dikarenakan:

  • Kurangnya insulin karena virus atau faktor gizi pada saat anak-anak tidak memadai.
  •  Pengaruh genetik atau keturunan
  •  Terjadinya obesitas
  •  Tingginya kadar kortikosteroid
  •  Adanya kehamilan yang membuat kurangnya kadar insulin dalam darah
  • Tubuh racun yang mempengaruhi kinerja insulin

Diabetes adalah- Gejala Penyakit Diabetes Insulin

  1. Kelebihan gula darah di atas 160-180 mg / dl, membuat urin dicampur dengan gula.
  2. Ketika gula darah berada dalam tekanan yang lebih tinggi akan terjadi poliuri
  3. Terjadinya polidipsia atau haus berlebihan
  4. Terjadinya penurunan berat badan
  5. Penglihatan kabur, mual dan pusing,
  6. Kurangnya daya tahan tubuh karena terlalu banyak berolahraga yang dilakukan secara tidak teratur

Diabetes adalah- Jenis lain dari diabetes termasuk yang disebabkan oleh:

  • cacat genetik dari sel-beta – bagian dari pankreas yang menghasilkan insulin – seperti maturity-onset diabetes of the young (MODY) atau neonatal diabetes mellitus (NDM)
  • cacat genetik pada aksi insulin, mengakibatkan ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol kadar glukosa darah, seperti terlihat dalam leprechaunism dan sindrom Rabson-Mendenhall
  • penyakit pada pankreas atau kondisi yang merusak pankreas, seperti fibrosis kistik dan pankreatitis
  • kelebihan hormon tertentu yang dihasilkan dari beberapa kondisi medis – seperti kortisol pada sindrom Cushing sindrom – yang bekerja melawan kerja insulin
  • obat yang mengurangi aksi insulin, seperti glukokortikoid, atau bahan kimia yang menghancurkan sel beta
  • infeksi, seperti rubella bawaan dan sitomegalovirus
  • gangguan akibat kekebalan, seperti sindrom stiff-man, penyakit autoimun pada sistem saraf pusat
  • sindrom genetik yang terkait dengan diabetes, seperti sindrom Down dan sindrom Prader-Willi

 

 

Diabetes Adalah- Mengenal Penyakit Diabetes

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>