By December 19, 2016 Uncategorized

Diabetes Insipidus Nefrogenik

Diabetes Insipidus Nefrogenik adalah suatu kelainan dimana ginjal menghasilkan sejumlah besar air kemih yang encer karena ginjal gagal memberikan respon terhadap hormon antidiuretik dan tidak mampu memekatkan air kemih.

Diabetes Insipidus Nefrogenik

Diabetes insipidus jenis ini muncul ketika tubuh memiliki hormon antidiuretik yang cukup untuk mengatur produksi urine, tapi organ ginjal tidak merespons terhadapnya. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh kerusakan fungsi organ ginjal atau sebagai kondisi keturunan. Beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi penyakit mental, seperti lithium, juga bisa menyebabkan diabetes insipidus jenis ini.

Gejala Diabetes Insipidus Nefrogenik

Diketahui juga bahwa penyakit ini merupakan penyakit keturunan, maka gejala yang dialmi penderita biasanya mulai timbul segera setelah lahir. Adapun gejalanya itu dapat berupa rasa haus yang berlebihan atau pengeluaran sejumlah besar air kemih yang encer . Jika penyakit ini terjadi pada bayi, tentu saja bayi tidak dapat menyatakan rasa hausnya, sehingga yang dirasakan hanya mengalami dehidrasi. Bayi juga bisa mengalami demam tinggi yang disertai dengan muntah dan kejang-kejang. Diabetes Insipidus Nefrogenik

Jika diabetes insipidus nefrogenik herediter tidak segera terdiagnosa dan diobati, maka bisa terjadi kerusakan otak, sehingga bayi mengalami keterbelakangan mental. Dehidrasi yang sering terjadi juga bisa menghambat perkembangan fisik. Namun, dengan terapi yang tepat sedini mungkin, bayi dengan kelainan ini cenderung bisa mengalami perkembangan yang normal.

Penyakit yang terjadi pada orang tua dengan demensia juga lebih cenderung menyebabkan dehidrasi, karena mereka juga tidak mampu untuk mengkomunikasikan bahwa dirinya haus. Hilangnya cairan yang berlebihan juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Gejala-gejala ketidakseimbangan elektrolit yang bisa terjadi antara lain nyeri pada otot dan kelemahan.

Penyebab Diabetes Insipidus Nefrogenik

Terdapat 2 jenis diabetes insipidus. Pada diabetes insipidus nefrogenik, ginjal tidak memberikan respon terhadap hormon antidiuretik sehingga ginjal terus menerus mengeluarkan sejumlah besar air kemih yang encer. Pada diabetes insipidus jenis lainnya, terjadi kegagalan produksi antidiuretik. Diabetes Insipidus Nefrogenik

Diabetes insipidus bisa merupakan penyakit keturunan (herediter) atau suatu kelainan yang didapat karena faktor genetis. Pada bentuk herediter, gen yang menyebabkan penyakit ini bersifat resesif dan dibawa oleh kromosom x. Oleh karena itu, hanya pria yang biasanya mengalami gejala-gejala penyakit ini. Wanita yang membawa gen ini bisa mewariskan penyakit ini kepada anak laki-lakinya.

Pada bentuk yang didapat, diabetes insipidus nefrogenik bisa disebabkan oleh :

• Pemakaian obat-obat tertentu yang menghambat efek hormon antidiuretik, misalnya lithium atau amfoterisin B.
  • Kadar kalsium yang tinggi atau kalium yang rendah di dalam darah.
  • Sumbatan pada saluran kemih.
  • Gangguan lain yang mengenai ginjal, misalnya penyakit ginjal polikistik, anemia sel sabit, infeksi berat, atau kanker tertentu.

Pencegahan dan Pengobatan Diabetes Insipidus Nefrogenik

Pencegahan dan pengobatan diabetes insipidus nefrogenik adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk kesehatan dan metabolisme tubuh Anda. Ada banyak suplemen kesehatan yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen kesehatan S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit kronis. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

Mengapa harus S.Lutena ? Peranan S.Lutena dapat membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit mata dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam S-Lutena yang mempunyai andil dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik termasuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh. SLutena ini merupakan pilihan terbaik bagi masyarakat modern yang ingin menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi setiap hari.

Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.