Diabetes Insipidus Pada Anak

Diabetes Insipidus Pada Anak

 

Waspadai Diabetes Insipidus Pada Anak !! Diabetes insipidus dapat terjadi pada siapa saja termasuk anak-anak. Diabetes Insipidus adalah suatu kelainan dimana terdapat kekurangan hormon antidiuretik yang menyebabkan rasa haus yang berlebihan (polidipsi) dan pengeluaran sejumlah besar air kemih yang sangat encer (poliuri).Diabetes insipidus terjadi akibat penurunan pembentukan hormon antidiuretik (vasopresin), yaitu hormon yang secara alami mencegah pembentukan air kemih yang terlalu banyak.

Diabetes Insipidus Pada Anak

Diabetes Insipidus Pada Anak

Hormon ini unik, karena dibuat di hipotalamus lalu disimpan dan dilepaskan ke dalam aliran darah oleh hipofisa posterior. Diabetes insipidus juga bisa terjadi jika kadar hormon antidiuretik normal tetapi ginjal tidak memberikan respon yang normal terhadap hormon ini (keadaan ini disebut diabetes insipidus nefrogenik).

Ada dua macam diabetes insipidus, yaitu :

  • Diabetes insipidus sentralis, dimana terjadi penurunan pembentukan hormon antidiuretik atau vasopresin. Diabetes Insipidus Pada Anak
  • Diabetes insipidus nefrogenik, dimana kadar hormon antidiuretik normal tetapi ginjal tidak memberikan respon yang normal terhadap hormon ini.

Ciri Diabetes Insipidus Pada Anak

Pada anak-anak yang masih sangat muda yang belum bisa berbicara, mungkin sulit bagi Anda untuk menyadari bahwa mereka merasa haus. Tanda dan ciri diabetes insipidus pada anak adalah meliputi:

  • Menangis berlebihan
  • Sifat lekas marah
  • Pertumbuhan lebih lambat yang diharapkan
  • Suhu tubuh tinggi (hipertermia)
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • Rewel
  • Diare
  • Muntah
  • Demam
  • Kulit kering

Penyebab Diabetes Insipidus Pada Anak

Diabetes insipidus sentral. Penyebab diabetes insipidus sentral pada orang dewasa biasanya kerusakan pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus, paling sering karena operasi, tumor, penyakit (seperti meningitis), peradangan atau cedera kepala. Untuk anak-anak, penyebabnya sering kali adalahkelainan genetik bawaan. Dalam beberapa kasus penyebabnya tidak diketahui. Kerusakan ini mengganggu produksi, penyimpanan dan pelepasan ADH normal. Diabetes Insipidus Pada Anak

Diabetes insipidus nefrogenik. Diabetes insipidus nefrogenik terjadi ketika ada kerusakan pada tubulus ginjal – struktur dalam ginjal yang menyebabkan air dibuang atau diserap. Cacat ini membuat ginjal tidak dapat merespon ADHdenganbenar. Cacatini mungkin disebabkan olehkelainanbawaan (genetik) atau gangguan ginjal kronis. Obat-obatan tertentu, seperti lithium dan demeclocycline (antibiotik tetrasiklin), juga dapat menyebabkan diabetes insipidus nefrogenik.

Pengobatan Diabetes Insipidus Pada Anak

Diabetes insipidus pada anak diobati dengan mengatasi penyebabnya :

  • Vasopresin atau desmopresin asetat (dimodifikasi dari hormon antidiuretik) bisa diberikan sebagai obat semprot hidung beberapa kali sehari untuk mempertahankan pengeluaran air kemih yang normal.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat ini bisa menyebabkan penimbunan cairan, pembengkakan dan gangguan lainnya.
  • Suntikan hormon antidiuretik diberikan kepada penderita yang akan menjalani pembedahan atau penderita yang tidak sadarkan diri.
  • Kadang diabetes insipidus bisa dikendalikan oleh obat-obatan yang merangsang pembentukan hormon antidiuretik, seperti klorpropamid, karbamazepin, klofibrat dan berbagai diuretik (tiazid). Tetapi obat-obat ini tidak mungkin meringankan gejala secara total pada diabetes insipidus yang berat. Diabetes Insipidus Pada Anak

Diabetes insipidus tidak menyebabkan kegagalan fungsi ginjal atau yang mengacu pada dialisis. Ginjal masih dapat menjalankan fungsi utamanya dalam memfilter darah. Namun, penderita diabetes insipidus rentan terhadap dehidrasi. Mereka perlu memastikan untuk dapat mengakses cairan yang dapat diminum. untuk minum cairan. Aktifitas fisik tertentu aman dilakukan untuk meningkatkan kesehatan. Namun, mereka membutuhkan penggantian cairan yang lebih banyak dibandingkan kebanyakan orang, terutama dalam cuaca panas. Diabetes Insipidus Pada Anak

Pencegahan Diabetes Insipidus Pada Anak

Pencegahan diabetes insipidus pada anak adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Ada banyak suplemen kesehatan yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen kesehatan S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit kronis. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

s-lutena-obat-diabetesMengapa harus S.Lutena ? Peranan S.Lutena dapat membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit mata dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam S-Lutena yang mempunyai andil dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik termasuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh. SLutena ini merupakan pilihan terbaik bagi masyarakat modern yang ingin menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi setiap hari.

Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Diabetes Insipidus Pada Anak

This entry was posted in Diabetes gestasional, Diabetes insipidus, Diabetes melitus, Diabetes tipe 1, Diabetes tipe 2, Gejala diabetes, Jenis diabetes, Mencegah diabetes melitus, Obat diabetes melitus, Penyebab diabetes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*