By May 30, 2017 February 19th, 2019 Uncategorized
Diabetes Pada Anak

Diabetes Pada Anak – Banyak orang beranggapan bahwa diabetes atau kencing manis adalah penyakit orang dewasa. Padahal, nyatanya penyakit ini juga bisa diderita oleh anak-anak, serta dampak buruk yang diakibatkan oleh diabetes pada anak pun tidak bisa disepelekan. Sehingga, sangat penting bagi orang tua untuk mengenali sejak dini penyakit diabetes pada anak.

Tipe Penyakit Diabetes pada Anak

Jenis penyakit diabetes pada anak ini terbagi atas dua tipe, yaitu :

• Tipe 1 – ialah diabetes yang biasanya disebabkan oleh kerusakan pada pankreas sehingga hormon insulin sama sekali tidak bisa diproduksi. Akibatnya, gula darah sama sekali tidak bisa terkontrol dengan baik.
  • Tipe 2 – merupakan diabetes yang disebabkan oleh keadaan atau penyakit tertentu. Diabetes tipe ini umumnya terjadi pada orang dengan gaya hidup yang tidak sehat, pada wanita yang sedang hamil (diabetes mellitus gestasional), serta akibat penyakit hypertiroidisme.

Sementara pada anak-anak atau remaja, penyakit diabetes yang sering menyerang mereka adalah diabetes tipe 1. Hal ini disebabkan karena tingkat daya tahan tubuh atau imunitas mereka mengalami gangguan sehingga, justru menghancurkan hormon insulin yang diproduksi oleh sel beta pada pankreas. Akibatnya, kadar gula darah dalam tubuh mereka tidak terkontrol dengan baik. keadaan seperti ini bisa disebabkan oleh diabetes penyakit keturunan maupun virus.

Gejala Diabetes Pada Anak

Saat ini jumlah penderita penyakit diabetes meningkat secara drastis. Bahkan anak-anak pun dapat terserang penyakit ini. Sebagian besar anak-anak menderita penyakit diabetes tipe 1 yang dapat berubah menjadi diabetes tipe 2 apabila tidak terdeteksi gejalanya secara dini.

Berikut adalah gejala dini penyakit diabetes pada anak santara lain :

1. Mudah Haus

Salah satu gejala umum dari penyakit diabetes pada anak adalah rasa haus yang meningkat. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan kadar gula darah. Mereka juga akan lebih suka mengonsumsi minuman dingin yang manis.

1. Sering Buang Air Kecil

Karena mereka sering minum, maka anak-anak juga akan sering buang air kecil.

1. Selalu Lapar

Selain sering haus, anak-anak juga akan mudah lapar. Sebab tidak adanya insulin untuk mentransfer gula di dalam tubuh sehingga proses ini akan menghabiskan energi mereka dan membuat cepat lapar. Diabetes Pada Anak

1. Penurunan Berat Badan Yang Tidak Sehat

Meskipun sering makan, namun anak-anak yang menderita penyakit diabetes akan cenderung kehilangan berat badan secara drastis. Diabetes Pada Anak

1. Selalu Lelah

Seorang pasien penyakit diabetes juga akan mudah lelah sebab energi mereka terpakai untuk mentransfer gula ke sel tubuh. Diabetes Pada Anak

1. Masalah Penglihatan

Karena kadar gula darah cukup tinggi, maka cairan di dalam tubuh pun akan meningkat. Termasuk cairan di dalam mata mereka. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan masalah penglihatan.

1. Infeksi Ragi

Gejala diabetes pada anak juga dapat menyebabkan infeksi ragi organ vital anak-anak terutama anak perempuan. Hal ini pulalah yang akan menyebabkan ruam popok.

1. Masalah Perilaku

Gejala diabetes pada anak mampu mempengaruhi perilaku anak. Mereka jadi mudah labil dan mudah merasa jengkel. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar gula darah yang tinggi.

Apakah Anda menemukan gejala diabetes pada anak Anda? Jika Anda menemukannya, sebaiknya segera berkonsultasilah pada dokter.

Cara Mencegah Diabetes Pada Anak

Pada dasarnya anak-anak hanya akan terbiasa dari apa yang kita biasakan sama mereka, jadi arahkan mereka untuk terbiasa bergaya hidup sehat sejak dini. Dan simak juga beberapa Tips dan Cara mencegah Diabetes Pada Anak berikut seperti yang di kutip berikut di bawah ini :

• Berilah makanan yang sehat pada anak-anak, serta berikan suasana yang menyenangkan agar mereka bisa makan dengan senang.
  • Selalu Perhatikan keseimbangan antara karbohidrat, protein, dan lemak. hal ini peran seorang ibu sebagai pengatur makanan dalam keluarga sangat penting, pilihlah/buatlah menu yang berimbang.
  • Buatlah daftar makanan yang sehat, yang harus anda sediakan setiap harinya. dalam hal ini anda harus konsisten, agar gizi keluarga bisa terpenui.
  • Selain menyediakan makanan yang mengandung karbohidrat, sediakan juga makanan yang mengandung banyak serat dari biji-bijian.
  • Berikan buah secara teratur. Minimal satu jeruk atau buah lainnya 1 porsi setiap hari.
  • Jika Anda ingin memberikan menu yang terbuat dari daging, hilangkan lapisan lemak yang terlihat sebelum dimasak.
  • Dalam memberikan susu atau produk susu, pilihlah yang rendah lemak.
  • Biasakan anak-anak untuk minum air ketika haus dan minimal 8 gelas sehari.
  • Menyediakan makanan anak-anak yang mengandung lemak sehat seperti menu yang menggunakan minyak nabati, kacang-kacangan, dan makanan yang bebas lemak trans. Mengurangi atau menghilangkan kebiasaan memberikan makanan tinggi lemak jenuh dan lemak Tran. Misalnya, mentega, krim keju, gorengan, dan daging.
  • Tidak perlu untuk melarang anak makan permen. Masukkan permen sebagai menu yang memberikan kontribusi untuk menyediakan kalori dan karbohidrat.
jual gula stevia untuk diabetes

Yang tidak kalah penting adalah para orang tua perlu memberi contoh dan inspirasi bagi si anak bagaimana menjaga kesehatan tubuh, dan tidak mengkonsumsi jenis makanan apapun secara berlebihan.