was successfully added to your cart.

Diabetes Pada Remaja

By December 30, 2016 Uncategorized

Diabetes Pada Remaja

 

Waspadai Diabetes Pada Remaja !! Tahukah Anda jika diabetes tidak harus diwaspadai orang dewasa saja ? Anak-anak dan remaja juga harus mewaspadai penyakit yang satu ini, karena dari tahun ke tahun, kasus anak-anak dan remaja yang terkena penyakit diabetes semakin banyak.

Diabetes Pada Remaja

Diabetes Pada Remaja

Diabetes melitus atau biasa orang menyebutnya dengan kencing manis adalah gangguan pengendalian kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Secara istilah diabetes berasal dari bahasa yunani yang artinya pancuran atau curahan, sedangkan melitus artinya gula atau madu.

Sehingga dari asal kata tersebut memunculkan pengertian kelebihan curahan cairan dalam tubuh seseorang yang mengandung gula atau madu. Curahan yang dimaksud adalah air seni atau kencing yang menandai ciri penderita penyakit ini, air kencingnya mengandung kadar gula yang berlebih.

Apa saja gejala diabetes pada remaja ?

Gejala diabetes tipe 1 dan 2 yang paling umum dirasakan adalah sering banget buang urin karena tingginya kadar gula darah. Akibat sering buang urin, membuat mereka lebih sering merasa haus. Gejala ini diiringi dengan menurunnya berat badan dan pertumbuhan yang terhambat.

Akibat dehidrasi, mereka akan merasa lemas, lelah, dan detak jantung berdenyut lebih cepat. Beberapa juga merasakan meningkatnya rasa lapar dan pandangan yang sering kabur.

Gejala diabetes pada remaja yang lebih serius pada tanda terkena diabetes selain berat badan yang turun adalah sakit perut, mual, muntal, napas yang berat dan cepat, serta cepat merasa mengantuk. Diabetes Pada Remaja

Gejala diabetes tipe 1 pada anak perempuan dan remaja putri membuat mereka mengalami infeksi jamur. Gejala diabetes tipe 1 akan meningkat dengan cepat selama beberapa minggu, sementara diabetes tipe 2 cenderung lebih lambat.

Untuk memastikan apakah anak atau remaja terkena diabetes tipe 2 harus melalui tes urin dan tes darah.

Apa penyebab diabetes pada remaja ?

Perlu diketahui, gaya hidup orang dahulu dengan sekarang sudah sangat jauh berbeda. Jika di masa lalu, orang dalam beraktifitas sehari-hari melakukan segala sesuatu secara manual. Di jaman serba modern ini, semua dilakukan secara otomatis dan instan. Peralatan serba canggih dan modern membuat orang semakin malas beraktifitas fisik.

Dulu saat  berangkat kerja atau ke sekolah, kita harus berjalan kaki atau paling canggih bersepeda. Namun sekarang aktivitas menyehatkan itu sesudah ditinggalkan dan beralih ke alat transportasi bermesin. Diabetes Pada Remaja

Jenis makanan yang di konsumsi termasuk faktor yang sangat menentukan ada atau tidaknya penyakit diabetes pada remaja. Kenyataanya jenis makanan yang kita konsumsi dulu dan sekarang sudah sangat jauh berbeda. Dulu makanan berbahan alami menjadi menu keseharian. Namun kini semua berubah, orang lebih suka dengan makanan cepat saji dan cepat makan. Padahal makannan-makanan semacam itu begitu sangat tidak baik untuk tubuh. Karena banyak mengandung kalori dan kaya zat-zat tambahan yang mengandung pengawet, perasa, pemanis buatan dan lain-lain.

Celakanya gaya hidup seperti itulah yang kini mewabah di kalangan orang muda. Kita yang masih berada di usia produktif semakin gandrung dengan gaya hidup serba instan. Makanan tinggi kalori dan kurangnya tubuh bergerak membuat metabolisme gula terganggu. Pankreas tidak cukup memproduksi insulin yang mengendalikan kadar gula dalam darah. Yang menjadi pangkal terjadinya diabetes melitus.

Mencegah Diabetes Pada Remaja

Meskipun banyak sekali pengidap penyakit ini, ada cara diabetes mungkin bisa ditunda, dan bahkan dicegah. Cara mencegah diabetes pada remaja anta lain :

  • Olahraga teratur
  • Mengikuti diet rendah kalori dan rendah lemak
  • Mengurangi asupan makanan olahan dan karbohidrat kosong

Program pencegahan diabetes pada remaja meneliti pengaruh penurunan berat badan dalam perkembangan diabetes tipe 2 pada jurnal New England dalam studi obat-obatan. Mereka menemukan bahwa menurunkan 5-7 persen saja dari berat badan Anda bisa melambatkan perkembangan diabetes tipe 2. Diabetes Pada Remaja

Beberapa orang yang berisiko juga dapat menunda timbulnya diabetes dengan mengonsumsi obat diabetes. Penting untuk mendiskusikan semua pilihan Anda dengan dokter untuk hasil terbaik. Anda mungkin tidak bisa mencegah diabetes seutuhnya. Namun, mengambil beberapa langkah sekarang mungkin bisa mencegah komplikasi terkait dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Diabetes Pada Remaja

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)