By March 17, 2017 February 19th, 2019 Uncategorized
Hiperglikemia (Gula Darah Tinggi)

Hiperglikemia berarti terlalu banyak glukosa yang beredar dalam darah, dengan kata lain bisa kita sebut dengan gula darah tinggi. Ketika glukosa darah terus menerus tinggi, maka seseorang bisa didiagnosis dengan diabetes melitus atau kencing manis. Tanpa pengobatan, diabetes dapat merusak organ termasuk ginjal, mata dan saraf.

Hiperglikemia (Gula Darah Tinggi)

Adanya gula dalam darah kita, itu berasal dari makanan (karbohidrat) yang dicerna oleh sistem pencernaan kita. Sistem pencernaan memecah karbohidrat menjadi glukosa (gula sederhana). Gula sederhana ini kemudian diangkut ke setiap sel melalui aliran darah. Ketika ada banyak gula dalam darah, pankreas mengeluarkan hormon insulin, yang memungkinkan glukosa untuk bergerak masuk ke dalam sel. Setelah berada di dalam sel, glukosa merubakan bahan bakar bersama dengan oksigen untuk menghasilkan energi. Umumnya, kadar glukosa darah diatur sangat ketat oleh insulin sesuai dengan kebiasaan makan seseorang dan tingkat aktivitas. Hiperglikemia

Mengapa hiperglikemia bisa terjadi ?

Sebelum mengenal mengapa kadar glukosa darah Anda tinggi, Anda harus tahu hal berikut:

Metabolisme glukosa

Air liur dan bahan kimia di dalam perut mengubah makanan yang Anda makan menjadi glukosa (salah satu bentuk gula), yang merupakan sumber utama energi untuk sel-sel tubuh Anda. Hati juga menyimpan sejumlah gula, tetapi dalam bentuk glikogen. Jika Anda belum makan dengan baik atau tingkat glukosa darah terlalu rendah, glikogen kemudian dipecah menjadi glukosa untuk digunakan.

Aliran darah menyerap gula dan membawanya ke sel yang membutuhkan, tetapi sel tidak dapat menggunakan energi ini tanpa bantuan insulin, suatu hormon yang dikeluarkan oleh pankreas. Pankreas menerima tanda bahwa ada glukosa dalam aliran darah Anda dan menghasilkan lebih banyak insulin. Dengan membiarkan glukosa untuk memasuki sel, insulin kemudian menurunkan jumlah gula darah dan begitu juga produksi insulin dari pankreas.

Penyebab diabetes

Diabetes secara drastis mengurangi efek insulin pada tubuh Anda, baik karena pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin (diabetes tipe 1) atau karena tubuh Anda tahan terhadap efek insulin atau tidak memproduksi insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar glukosa normal ( diabetes tipe 2). Akibatnya, glukosa cenderung untuk menumpuk dalam aliran darah Anda (hiperglikemia) dan dapat mencapai tingkat tinggi yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Insulin atau obat lain digunakan untuk menurunkan kadar gula darah.

Penyebab hiperglikemia

Kadar glukosa darah Anda dapat meningkat (hiperglikemia)

karena hal-hal sebagai berikut:

• Tidak menggunakan cukup insulin atau obat oral diabetes
  • Tidak menyuntikkan insulin dengan benar atau menggunakan insulin kedaluwarsa
  • Tidak mengikuti rencana makan diabetes Anda
  • Tidak aktif
  • Memiliki penyakit atau infeksi
  • Menggunakan obat-obatan tertentu, seperti steroid
  • Mengalami luka atau menjalani operasi
  • Mengalami stress emosional, seperti konflik keluarga atau tantangan kerja

Penyakit atau stres dapat memicu hiperglikemia karena hormon yang diproduksi untuk melawan penyakit atau stress juga dapat menyebabkan gula darah meningkat.

Apa saja gejala Hiperglikemia ?

Hiperglikemia tidak menunjukkan gejala sampai nilai glukosa darah terasa meningkat, yang lebih tinggi dari 200 miligram per desiliter (mg / dL), atau 11 milimol per liter (mmol/L). Tanda-tanda yang mungkin Anda miliki atau mungkin tidak Anda miliki adalah:

• Sering buang air kecil
  • Rasa haus meningkat
  • Penglihatan kabur
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
jual gula stevia untuk diabetes

Jika Anda terus mengabaikan tanda-tanda, kemungkinan Anda akan memiliki gejala ketoasidosis diabetik, yang merupakan akumulasi racun (keton) dalam darah dan urine. Gejala-gejala ini antara lain:

• Napas berbau busuk
  • Mual dan muntah
  • Sesak napas
  • Mulut kering
  • Kelemahan
  • Kebingungan
  • Koma
  • Sakit perut

Bagaimana cara mencegah hiperglikemia ?

Ketika mendiagnosis bahwa Anda memiliki diabetes, dokter akan menginstruksikan Anda bagaimana untuk mengubah pola makan, olahraga dan obat-obatan yang digunakan untuk menjaga tingkat gula darah Anda agar tidak meningkat.

Secara khusus, dokter Anda akan membantu Anda untuk mengelola gula darah Anda dengan:

• Menetapkan tingkat gula darah Anda untuk waktu yang berbeda dalam sehari
  • Penjadwalan saat memeriksa gula darah Anda di rumah

Jika gula darah Anda lebih tinggi dari tingkat yang diinginkan Anda selama 3 hari dan Anda tidak tahu mengapa hal tersebut terjadi, periksa urine Anda untuk adanya kandungan keton dan kemudian hubungi dokter atau perawat Anda segera.