Jenis Diabetes Melitus

Jenis Diabetes Melitus

 

Penyakit diabetes/ kencing manis merupakan penyakit gangguan metabolik yang di akibatkan oleh gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin. Akibatnya adalah kadar gula darah menjadi meningkat drastis. Untuk mengurangi peningkatan kadar gula darah tersebut, maka pengobatan medis ataupun non medis pun dilakukan.

Jenis Diabetes Melitus

Jenis Diabetes Melitus

Penting bagi semua orang untuk tahu gejala awal penyakit diabetes, baik untuk yang berisiko maupun yang dalam keadaan sehat saja. Usia muda maupun tua dapat mengalami penyakit ini. Perlu anda ketahui jika diabetes mellitus ada 4 jenis. Jika anda tertarik untuk mengetahui 4 jenis diabetes melitus tersebut, maka anda bisa membaca artikel berikut

Apa saja jenis diabetes melitus ?

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa setidaknya ada 4 macam jenis diabetes mellitus yang perlu diwaspadai. Berikut ini merupakan 4 macam jenis diabetes melitus tersebut:

  • Diabetes Melitus Tipe 1

Jenis diabetes melitus yang pertama adalah DM tipe 1. DM tipe 1 ini bisa dikatakan salah satu jenis DM yang berbahaya. Karena penyakit ini terjadi disebabkan kerusakan organ pankreas. Tidak mudah untuk mengatasi penyakit DM tipe 1 ini. Karena penyakit DM tipe 1 ini bisa dikatakan sebagai penyakit yang permanen.

Penderita penyakit DM tipe 1 ini kebanyakan anak-anak dan juga orang dewasa yang berumur kurang dari 30 tahun. Penderita DM tipe 1 harus selalu rutin mendapatkan suntikan hormon insulin untuk mencegah penyakit semakin memburuk. Semua itu dikarenakan organ pankreas sudah tidak dapat lagi memproduksi hormon insulin.

  • Diabetes Melitus Tipe 2

Jenis diabetes mellitus yang kedua adalah DM tipe 2. DM tipe 2 ini adalah jenis diabetes melitus yang paling banyak diderita orang. Penyakit ini kebanyakan menyerang orang dewasa berumur lebih dari 30 tahun dan juga lansia. Penyebab utama penyakit ini adalah gaya hidup yang salah. Karena itu, salah satu cara mengatasi jenis diabetes melitus ini adalah mulai menggunakan gaya hidup sehat. Rajin berolahraga dan mengatur pola makan adalah jalan untuk lepas dari penyakit DM tipe 2 ini.

  • Diabetes Melitus Gestasional

Wanita hamil juga bisa menderita jenis diabetes melitus ini. Karena kemungkinan besar seorang wanita yang sedang hamil juga akan mengalami kelebihan berat badan. Namun demikian, penyakit diabetes melitus gestasional ini jauh lebih mudah diatasi dibandingkan dengan jenis diabetes melitus lainnya. Karena biasanya setelah melahirkan, kadar gula darah akan kembali normal jika penderita rutin melakukan olahraga dan menjaga pola makannya kembali. Jenis Diabetes Melitus

  • Diabetes Melitus Sekunder

Selain DM tipe 1, diabetes melitus sekunder juga merupakan jenis diabetes melitus yang berbahaya. Karena penyakit DM jenis ini biasa muncul dikarenakan adanya penyakit lain. Beberapa penyakit yang memicu kemunculan penyakit DM tipe ini adalah penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan juga kolesterol. Jenis Diabetes Melitus

Penderita penyakit diabetes melitus sekunder ini sering tidak tertolong karena terlambat menyadari kemunculan penyakit DM. Hal itu dikarenakan penyakit DM ini sering tidak menunjukkan gejala apapun.

Mencegah Diabetes Melitus

Banyak faktor penyebab penyakit diabates yang perlu kita ketahui agar kita bisa mencegah diabetes melitus, sebaiknya hindari seperti :

  • Mengkonsumsi teh manis berlebih setiap hari bisa menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi naik.
  • Sering-seringlah berolah raga seperti jalan kaki atau bersepeda agar lemak dalam tubuh kita bisa terbakar usahakan sehabis makan jangn tidur karbohidrat yang menumpuk akan memicu datangnya penyakit diabetes melitus.
  • Jangan terlalu sering minum minuman bersoda karena biasanya minuman ini mengandung pemanis buatan yang akan meningkatkan kadar gula dalam darah.
  • Gorengan ini salah satu pemicu datangnya penyakit diabetes karena mengandung kolesterol tinggi apalagi jajanan ini di beli di pinggir jalan yang minyak buat gorengya saja hitam pekat tandanya sudah berkali-kali di pakai tanpa di ganti selain bisa menyebabkan penyakit kangker ternyata bisa menyebabkan penyakit diabetes melitus juga hati-hatilah mengkonsumsi gorengan.
  • Kita semua pastinya sudah tau bahanya yang terkandung di dalam rokok semuanya mengakibatkan penyakit baik yang merokok ataupun yang hanya terkena asapnya, orang yang sering merokok lama-lama juga bisa terkena penyakit diabetes melitus.

Bila anda sudah menderita diabetes melitus, anda bisa menggunakan perawatan insulin, yaitu atas izin dokter untuk melakukan suntik insulin. Suntik insulin ini berguna untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah. Anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk mengatasi diabetes melitus.

Jenis Diabetes Melitus

This entry was posted in Diabetes gestasional, Diabetes insipidus, Diabetes melitus, Diabetes tipe 1, Diabetes tipe 2, Gejala diabetes, Jenis diabetes, Mencegah diabetes melitus, Obat diabetes melitus, Penyebab diabetes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*