was successfully added to your cart.

Jenis Jenis Diabetes

By March 16, 2016 Uncategorized

Jenis Jenis Diabetes

 

Jenis Jenis Diabetes, Diabetes secara garis besar adalah penyakit yang diakibatkan oleh kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya penyakit diabetes.

Jenis Jenis Diabetes

Jenis Jenis Diabetes

Sebab tersebut bisa berasal dari internal maupun eksternal tubuh manusia. Saat ini diketahui ada beberapa jenis diabetes yang bisa diderita oleh seseorang. Berikut jenis jenis diabetes :

  1. Jenis Jenis Diabetes -Diabetes Tipe 1

Jenis Jenis diabetes tipe 1 atau dikenal juga dengan insulin-dependent diabet terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin apapun. Diabet ini biasanya mengenai anak-anak dan remaja, meski bisa juga menyerang orang dewasa. Sekitar 10% orang yang mengidap diabetes memiliki diabetes Tipe I atau diabetes yang bergantung pada insulin. Tubuh mereka tidak memproduksi insulin dan karenanya suntikan insulin secara teratur dibutuhkan untuk memelihara gula darah yang normal

Tipe ini pankreas tidak bisa produksi insulin sama sekali sehingga harus diberikan dari luar dengan cara disuntikkan. Apabila insulin tidak segera diberikan, penderita dengan cepat bisa tidak sadarkan diri disebut juga dengan koma ketoasidosis atau koma diabetik.

  1. Jenis Jenis Diabetes -Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh mampu memproduksi insulin, tapi tidak berfungsi secara optimal. Bisa juga ketika sel di tubuh tidak bereaksi dengan insulin atau dikenal dengan istilah insulin resistance. Tanda-tanda dan gejala yang berkembang umumnya lambat sehingga banyak orang yang mungkin tidak menyadari bahwa dirinya memiliki diabet. Orang dengan diabet tipe ini tidak mutlak memerlukan insulin karena pankreas masih bisa menghasilkan.

  1. Jenis Jenis Diabetes -Diabetes Gestational

Jenis jenis Diabetes ini terjadi pada ibu hamil dan diperkirakan muncul sekitar 2-5 persen dari seluruh kehamilan. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak memiliki kemampuan lebih untuk memproduksi insulin yang cukup dalam memenuhi kebutuhan saat hamil. Sekitar 85% orang yang mengidap diabetes memiliki diabetes Tipe II atau diabetes yang tidak bergantung pada insulin. Tubuh mereka memproduksi sejumlah insulin, tetapi itu tidak mencukupi atau cacat.

Jenis jenis diabetes tipe ini lebih sering terjadi pada perempuan dengan riwayat keluarga diabet, di atas usia 25 tahun serta memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Meskipun diabetes ini bisa hilang setelah tidak hamil, tapi perempuan ini berisiko lebih tinggi nantinya mengembangkan jenis jenis diabetes tipe 2.

Jenis jenis Diabetes Lainnya :

  1. Jenis Jenis Diabetes -Diabetes Yang Berkaitan Dengan Kekurangan Gizi

Diabetes di kalangan kaum muda dengan kekurangan gizi yang parah dan kelaparan disebut sebagai diabetes yang terkait dengan malnutrisi. Walaupun kondisi ini mengakibatkan tingginya gula darah, beberapa komplikasi yang berasosiasi dengan jenis-jenis diabetes lainnya tidak ada. Insulin diperlukan untuk mengendalikan diabetes yang berkaitan dengan malnutrisi.

  1. Jenis Jenis Diabetes -Diabetes Gestasional

Sebagian wanita memiliki kadar gula darah yang tinggi selama hamil. Diabetes yang terjadi selama hamil disebut diabetes gestasional.

Pengobatan Terhadap Jenis Jenis Diabetes

Diabetes tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikendalikan melalui beberapa cara. Hal ini terutama mencakup insulin, obat-obatan, kontrol makanan, dan olahraga. Pilihan-pilihan pengendalian terhadap diabetes bergantung pada jenis diabetes dan tingkat keparahannya.

Tujuan pengobatan diabetes, yaitu :

  • Mencapai kadar gula darah terbaik yang tepat bagi Anda
  • Memberikan keinginan dari gejala-gejala diabetes
  • Menyeimbangkan makan, olahraga, dan obat-obatan atau insulin
  • Mengurangi faktor resiko yang terkait dengan komplikasi, seperti obesitas, merokok, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi
  • Memastikan pertumbuhan yang normal pada anak-anak dan orang dewasa muda yang mengidap diabetes
  • Mempertahankan berat badan yang normal
  • Mencegah komplikasi akut seperti ketoasidosis dan infeksi
  • Mencegah, jika mungkin atau mendeteksi sedini mungkin dan menangani komplikasi kronis

Pencegahan Diabetes Melitus

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Bila anda ingin menurunkan kadar gula darah yang tinggi anda bisa mulai dengan mengkomsumsi makanan yang bisa menurunkan gula darah didalam tubuh, makanan yang bisa anda komsumsi untuk menurunkan gula darah adalah ikan salmon, bayam, kedelai, apel, pare, havermut dan masih banyak lagi. Makanan tersebut sangat baik untuk dikomsumsi karena bisa menurunkan kadar gula darah.

  1. Olahraga Secara Rutin

Kebanyakan dari penderita diabetes adalah orang-orang yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas. Jadi jika anda ingin mengatasi penyakit tersebut anda bisa mulai dengan cara olahraga secara rutin dan mulai menjalami diet sehat agar penyakit tersebut bisa segera sembuh.

  1. Istirahat Yang Cukup

Cukup tidur merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. selain untuk menjaga kebugaran tubuh, tidur selama 6 jam pada malam hari bisa membantu mencegah diabetes melitus, sebab jika Anda kurang istirahat akan membuat hormon kortisol di dalam tubuh semakin meningkat, sehingga insulin semakin meningkat dan gula dara menjadi tidak seimbang.

Untuk mengobati jenis jenis diabetes Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang baik untuk metabolisme tubuh. S-Lutena (Nama Super lutein yang digunakan di Indonesia) adalah herbal yang sangat baik untuk kesehatan organ tubuh manusia secara keseluruhan. S-Lutena bisa digunakan sebagai suplemen harian untuk kebutuhan akan nutrisi tubuh atau digunakan sebagai herbal untuk pengobatan penyakit, penyebab diabetes pada anak.

S-Lutena berisi 6 jenis yang paling penting dari karotenoid, lima jenis nutrisi yang paling penting berdasarkan kebutuhan manusia dan mengkombinasikan fungsi vegetatif dengan proporsi yang terbaik. Super lutein juga berfungsi sebagai herbal antikanker yang telah direkomendasikan oleh 6600 dokter spesialis di dunia. S-Lutena juga berfungsi sebagai antiaging dan antioksidan yang mampu melakukan regenerasi sel tubuh yang rusak. Super lutein mampu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik sehingga berfungsi maksimal.

Jenis Jenis Diabetes

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)