was successfully added to your cart.

Kencing Manis Adalah

By June 12, 2014 Uncategorized

Kencing Manis Adalah

Penyakit Kencing Manis merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain seperti jantung, asam urat, kolesterol dan darah tinggi. Untuk itu jangan anggap enteng bila anda mulai merasakan gejala penyakit diabetes, segeralah konsultasikan ke dokter

Penyakit Kencing Manis Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Kencing manis ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol. Kencing manis terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat.

kencing manis

kencing manis

Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah. Mengenali sejak dini tentang penyakit diabetes merupakan suatu kesempatan bagi anda untuk mengendalikan gula darah bahkan mencegah timbulnya kencing manis pada tubuh anda. Untuk mendeteksi pengidap kencing manis yang utama yaitu dengan melakukan pemeriksaan gula darah. Kadar gula dengan pemeriksaan setelah berpuasa di atas 126 dan gula darah dengan pemeriksaan sewaktu-waktu di atas 200 disebut diabetes.

Kencing manis atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan diabetes melitus adalah gangguan kesehatan dimana kadar gula darah seseorang sangatlah tinggi karena gula dalam darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Pada orang yang sehat, karbohidrat dalam makanan akan diubah menjadi glokosa yang akan didistribusikan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan energi dengan bantuan insulin. Pada orang yang menderita kencing manis, glukosa sulit masuk ke dalam sel karena sedikit atau tidak adanya zat insulin dalam tubuh. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi yang nantinya dapat memberikan efek samping yang bersifat negatif atau merugikan. Pada penderita kencing manis, kadar gula yang tinggi akan dibuang melalui air seni. Dengan demikian air seni akan banyak mengandung gula sehingga sering dikerubuti semut. Selanjutnya orang tersebut akan kekurangan energi / tenaga, mudah lelah, lemas, mudah haus dan lapar, sering kesemutan, sering buang air.

Gejala penyakit kencing manis

Terutama bagi mereka dengan kencing manis yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati, ada beberapa gejala kencing manis yang bisa dicatat. Ini karena membangun glukosa dalam darah. Gejalanya sangat umum dari kencing manis menggunakan toilet lebih dari biasanya yang anda lakukan, gejala yang biasanya sering terjadi di malam hari. Hal ini terjadi karena tubuh mencoba untuk menghapus keluar kelebihan glukosa dalam aliran darah dengan melewati urin. Gejala umum lainnya termasuk merasa haus, merasa lelah, dan penurunan sebagian besar tenaga.

Gejala lain dicatat hanya beberapa orang saja. Hal ini termasuk penglihatan kabur, yang disebabkan oleh pengeringan pada lensa mata anda. Anda juga mungkin mengalami kram, atau sembelit. Akhirnya, anda mungkin menemukan bahwa daerah sekitar penis atau vagina menjadi gatal. Ini adalah gejala yang kurang umum dari pada yang tercantum di atas.

Jika anda penderita kencing manis, ada risiko bahwa sebagian besar glukosa dapat membangun dalam aliran darah anda karena tidak digunakan atau rusak secara efektif oleh insulin tubuh. Hal ini dikenal sebagai hiperglikemia A. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala, gejalanya umum seperti gejala kencing manis yang tercantum di atas tetapi muncul lebih kuat dan cepat. Ini termasuk merasa sangat haus, kaburnya penglihatan, merasa lelah dan mengantuk, merasa sering untuk buang air kecil dan mulut kering. Adalah penting bahwa jika anda mengalami gejala ini anda mencari perawatan atau bantuan medis.

Hiperglikemia A biasanya mudah untuk mengobati, tetapi jika tidak diobati bisa menjadi lebih serius dan menyebabkan ketoasidosis diabetik. Ini adalah ketika tubuh mulai memecah lemak dalam tubuh karena tidak ada glukosa untuk digunakan, menyebabkan terbentuknya asam dalam aliran darah yang dapat menyebabkan ketidaksadaran dan, jika sangat serius, bahkan kematian.

Berbeda dengan hiperglikemia, satu hipoglikemia, atau “hypo” untuk jangka pendek, adalah ketika tubuh mengalami sesak Glukosa dalam aliran darah, yang disebabkan jika insulin dalam tubuh anda menghilangkan terlalu banyak insulin. Gejala-gejala hypo yang termasuk merasa lemah, lapar, berkeringat, kesemutan pada bibir anda, dan merasa tersinggung pada diri sendiri. Jika tidak diobati, hypo yang dapat menyebabkan bicara cadel dan pingsan, dan bantuan medis harus diminta. Namun, hypo dalam jangka pendek dapat diobati dengan mudah dan cepat dengan mengonsumsi beberapa makanan manis.

Gejala-gejala kencing manis tipe 1 sering ditemukan lebih cepat dan serius dari pada tipe 2 yang sering lebih moderat dan berkembang dari waktu ke waktu. Jika anda merasa mengalami gejala Kencing manis, penting bahwa anda membicarakan hal ini dengan dokter dan mulai memperlakukan diri sendiri dengan baik. Hal ini sangat penting untuk mencari bantuan medis jika anda mengalami sakit perut, panas, mual, sakit perut, dan berbau dalam nafas anda (berbau kuku remover pernis atau tetes pair).

 

Kencing Manis Adalah

 

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)