was successfully added to your cart.

Makanan Penyebab Diabetes

By May 22, 2017 February 19th, 2019 Uncategorized
Makanan Penyebab Diabetes

Makanan Penyebab Diabetes

 

Makanan penyebab diabetes melitus paling sering terdapat di sekeliling kita. Diabetes adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Ada beberapa orang yang menderita diabetes karena ada keturunan garis keluarga yang memang memiliki resiko besar. Sementara beberapa orang menderita diabetes karena pola makan dan gaya hidup tidak sehat. Jadi ada banyak hal yang bisa mendorong Anda untuk menderita diabetes.

Makanan Penyebab Diabetes

Makanan Penyebab Diabetes

Salah satu kesadaran umum yang harus didapatkan adalah merubah pola makan dan kebiasan hidup yang baik. Menghindari berbagai jenis makanan yang memicu diabetes bisa dilakukan sejak dini.

Makanan Penyebab Diabetes

  1. Nasi Putih

Nasi putih memang sudah menjadi makanan wajib untuk kita semua. Orang biasanya tidak bisa merasa puas sebelum makan nasi. Namun nasi mengandung nilai indeks glikemik yang tinggi. Nilai karbohidrat yang sangat tinggi akan membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih mudah naik. Orang yang menderita jenis diabetes tipe 2 harus mengurangi jumlah nasi atau mengganti nasi dengan makanan lain. Beberapa alternatif nasi dari beras merah lebih banyak disarankan.

  1. Minuman Soda

Minuman soda biasanya banyak dikonsumsi oleh remaja. Namun bahaya minuman soda berlebihan bisa menyebabkan kadar gula naik dengan cepat. Soda mengandung gula tambahan atau zat pemanis tambahan yang bisa membuat kadar manis menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan gula biasa. Karena itu banyak minum soda akan meningkatkan resiko diabetes yang lebih tinggi.

  1. Makanan Cepat Saji

Kebiasaan makanan cepat saji memang berhubungan dengan pola atau gaya hidup yang kurang sehat. Banyak orang lebih memilih makanan cepat saji karena lebih praktis dan tidak perlu repot. Namun bahaya makanan cepat saji yang lebih banyak terdiri dari makanan yang digoreng, daging merah dan nasi bisa membuat angka gula darah menjadi lebih tinggi. Kandungan kalori makanan cepat saji akan meningkatkan kadar gula menjadi lebih cepat. Karena itu Anda bisa mengkonsumsi makanan cepat saji namun tidak terlalu sering dan dalam porsi yang lebih kecil.

  1. Daging Merah

Semua jenis makanan yang mengandung lemak tinggi akan meningkatkan peluang untuk terkena diabetes. Jenis lemak jenuh akan membuat tubuh menyerap lemak lebih banyak dan sulit untuk diolah oleh organ pencernaan. Daging merah mengandung kalori dan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan maka tidak hanya menyebabkan diabetes tapi juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

  1. Makanan Kemasan

Mengkonsumsi makanan kemasan akan membuat Anda menerima resiko diabetes yang lebih tinggi. Banyak orang tidak menyadari hal ini. Namun makanan yang dikemas tidak hanya mengandung kalori yang tinggi tapi juga garam, gula dan bahan pengawet. Makanan ini akan membuat kadar gula darah menjadi sangat tinggi. Selain itu, peningkatkan lemak trans dalam tubuh akan menyebabkan gejala kolesterol dalam pembuluh darah. Jika terlalu banyak kolesterol maka bisa memancing peradangan yang bisa menyebabkan diabetes.

  1. Kentang Goreng

Makanan penyebab diabetes melitus lainnya adalah kentang goreng, bahaya kentang goreng wajib kita waspadai. Kentang goreng menjadi makanan yang bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik dengan cepat. Hal ini terjadi ketika ada banyak minyak dan karbohidrat padat pada kentang goreng. Karbohidrat ini membutuhkan kerja keras insulin untuk mendukung proses metabolisme. Karena itu sulit bagi tubuh untuk mencerna kentang goreng. Banyak orang yang melewatkan hal ini sehingga, tidak mengetahui makanan kesukaan ternyata menjadi penyebab diabetes. Anda bisa menggantinya dengan kentang rebus atau kentang kukus.

  1. Pisang

Buah yang mengandung karbohidrat tinggi seperti pisang bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes. Pisang memang termasuk buah yang banyak mengandung karbohidrat dan termasuk jenis karbohidrat halus. Makan satu buah pisang dalam sehari tidak akan meningkatkan resiko namun, jika lebih dari itu maka bisa menyebabkan peradangan. Kadar gula darah akan lebih cepat meningkat dan tubuh membutuhkan insulin lebih banyak.

  1. Mie
jual gula stevia untuk diabetes

Mie memang menjadi makanan yang paling banyak disukai. Ada berbagai jenis mie yang mudah untuk dimasak dan dihidangkan lebih cepat. Namun mengkonsumsi mie secara berlebihan bisa menyebabkan resiko diabetes yang sangat tinggi. Mie terbuat dari tepung yang mengandung kadar karbohidrat yang sangat tinggi. Selain itu mie biasanya lebih sulit dicerna dalam organ pencernaan. Hal ini membuat karbohidrat lebih terserap dalam tubuh dan tubuh membutuhkan insulin yang berlebihan. Pankreas mungkin tidak bisa memproduksi insulin sesuai untuk tubuh sehingga meningkatkan resiko penyakit diabetes tipe 2.

Makanan Penyebab Diabetes

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)