Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan Untuk Penderita Diabetes

 

Makanan Untuk Penderita Diabetes, Penyakit diabetes/ kencing manis merupakan penyakit gangguan metabolik yang di akibatkan oleh gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin. Akibatnya adalah kadar gula darah menjadi meningkat drastis. Untuk mengurangi peningkatan kadar gula darah tersebut, maka pengobatan medis ataupun non medis pun dilakukan.

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Namun melakukan itu saja tidak cukup haruslah disertai dengan diet yang sehat. Diet sehat yang dilakukan oleh penderita diabetes adalah seperti menentukan jenis makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Apa saja makanan untuk penderita diabetes itu ? Berikut daftar makanan untuk penderita diabetes :

  1. Oatmeal

Penderita diabetes bisa memiliki kesempatan yang lebih baik dalam mengontrol kadar gula darahnya dengan rutin sarapan oatmeal/havermut atau bubur gandum. Sejenis serat yang ditemukan dalam gandum yakni beta-glukan telah menunjukkan efek positif terhadap penderita diabetes. Oatmeal menawarkan serat larut yang dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut dan mengontrol gula darah.

  1. Kacang-kacangan

Makanan Untuk Penderita Diabetes, Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang secara rutin diketahui mengalami penurunan risiko diabetes sebesar 21 persen. Jenis kacang-kacangan lainnya seperti walnut(semacam kenari), almond, atau kacang mete juga sama bermanfaatnya. Orang yang makan kacang-kacangan secara rutin juga memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Satu ons kacang dapat menyediakan sumber lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan serta bermanfaat dalam memanajemen rasa lapar.

  1. Polong-polongan

Legum atau yang juga dikenal dengan polong-polongan juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi secangkir polong-polongan dapat membantu orang dengan diabetes tipe 2 untuk mengontrol gula darahnya serta mengurangi risiko akan penyakit jantung. Alasan mengapa polong-polongan seperti kacang polong, lentil, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang hijau, sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah karena indeks glikemiknya yang rendah. Selain itu, makanan-makanan tersebut kaya akan karbohidrat berkualitas tinggi, protein tanpa lemak, dan serat larut yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Makanan Untuk Penderita Diabetes

  1. Buah

Apel, pir, aprikot, cherries, grepefruit (sejenis jeruk besar dengan rasa yang agak pahit), jeruk, buah persik dan plum.  Jenis buah yang disebutkan diatas juga mengandung serat larut yang mampu melepaskan gula secara perlahan ke dalam darah.

  1. Yogurt rendah lemak dan susu skim

Makanan Untuk Penderita Diabetes, Yogurt rendah lemak dan susu krim mengandung lemak jenuh yang sangat rendah merupakan salah satu makanan yang efektif dalam memperlambat atau mencegah kenaikan gula darah yang tidak sehat. Selain itu konsumsi yogurt dan susu skim juga bisa menjadi sumber asupan protein bagi penderita diabetes.Orang diabetes bisa menikmati yogurt rendah lemak sebagai camilan sehat yang dapat disantap ketika lapar.

  1. Ikan

Makanan Untuk Penderita Diabetes, Penelitian mengatakan bahwa makan ikan dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Ikan membantu menurunkan konsentrasi glukosa sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, ikan adalah sumber protein rendah lemak. Penderita diabetes bisa memilih bermacam jenis ikan mulai dari lele, kod, nila, atau salmon. Kehadiran omega-3 dalam ikan-ikan tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Teh hijau

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peradangan kronis yang disebabkan oleh makanan berlemak, kurang olahraga, dan kurang makan buah, sayur, dan lemak baik, diketahui dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Terkait dengan masalah ini, minum teh hijau adalah solusi sederhana untuk mencegahnya. Teh hijau dikemas dengan flavonoid yang merupakan pelawan inflamasi dan dapat meningkatkan aktivitas insulin. Makanan Untuk Penderita Diabetes

  1. Putih telur

Telur adalah makanan yang baik untuk membentuk otot karena mengandung protein dengan kualitas yang tinggi. Mengkonsumsi telur, khususnya putih telur merupakan makanan yang sangat baik untuk mencegah diabetes tipe 2 karena kaya protein berkualitas tinggi dan rendah karbohidrat.

  1. Ubi Jalar dan ubi kayu

Kadar glukosa ubi jalar dan ubi kayu lebih rendah dibanding nasi dan kentang, oleh karena itu ubi bisa menjadi alternatif pengganti nasi bagi penderita diabetes. Makanan Untuk Penderita Diabetes

Terimakasih karena anda telah membaca artikel mengenai  makanan untuk penderita diabetes. Semoga artikel mengenai makanan untuk penderita diabetes  diatas dapat menambah pengetahuan anda dan dapat bermanfaat untuk Anda.

Makanan Untuk Penderita Diabetes

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*