was successfully added to your cart.

Mencegah Diabetes Gestasional

By December 22, 2016 Uncategorized

Mencegah Diabetes Gestasional

 

Diabetes yang terjadi selama masa kehamilan disebut diabetes gestasional. Diabetes tipe ini sering kali sulit dideteksi karena faktor aktivitas hormonal yang tinggi pada wanita hamil. Tingginya level glukosa pada wanita hamil akan mempengaruhi kondisi janin karena glukosa juga akan disirkulasikan melewati placenta dan bayi dalam kandungan.

Mencegah Diabetes Gestasional

Mencegah Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional biasanya akan sembuh setelah melahirkan. Namun memiliki diabetes gestasional selama masa kehamilan membuat wanita tersebut memiliki resiko tinggi mengembangkan diabetes tipe 2 di masa yang akan datang. Selain itu, diabetes gestasional dapat mengganggu kesehatan ibu dan kandungannya.

Bagaimana cara mencegah diabetes gestasional ? Berikut adalah beberapa tips untuk Anda dalam upaya mencegah diabetes gestasional :

  1. Memahami faktor risiko

Langkah pertama dalam mencegah diabetes gestasional adalah menentukan faktor risiko. Jika ternyata Anda berisiko tinggi, maka Anda dan dokter akan mengambil langkah-langkah meminimalisir risiko untuk menjaga Anda dan bayi lahir sehat. Tanyakan pada kerabat langsung, adakah sejarah diabetes pada keluarga Anda. Risiko diabetes gestasional akan semakin tinggi jika salah satu keluarga Anda terkena diabetes.

Menentukan faktor risiko lain seperti usia lebih 30 th, ada riwayat DG sebelumnya, apakah pernah memilki bayi besar (9 pounds atau lebih) atau kelahiran mati pada kehamilan sebelumnya, dan pernahkah Anda memiliki tes gula darah yang abnormal sebelumnya, termasuk glikosuria (gula dalam urin Anda). Mencegah Diabetes Gestasional

  1. Pastikan gula darah normal sebelum hamil

Jika Anda belum hamil, rencanakan untuk memiliki glukosa darah normal melalui pengujian di layanan kesehatan setempat sebelum mencoba untuk hamil, sehingga Anda bisa mendapat informasi jelas dan menetapkan bahwa gula darah Anda terlebih dahulu normal untuk memulai kehamilan. Mencegah Diabetes Gestasional

Jika gula darah Anda tidak normal pada pra-kehamilan, ini sangat bahaya karena gula darah tinggi pada saat pembuahan di trimester pertama sangat terkait dengan beberapa cacat lahir dan keguguran / bayi lahir mati (organ janin terbentuk dalam hitungan menit pada trimester pertama kehamilan). Penelitian telah menunjukkan dengan sangat jelas bahwa program perawatan prakonsepsi dan kontrol gula darah yang ketat sangat menentukan hasil kehamilan. Mencegah Diabetes Gestasional

  1. Turunkan berat badan

Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, sebaiknya turunkan untuk mendapat berat ideal. Kelebihan berat badan tidak disarankan selama kehamilan. Berat badan berlebih merupakan faktor risiko diabetes gestasional, jadi menurunkan berat badan antara 5% sampai 7% dari berat tubuh Anda (jika Anda kelebihan berat badan) sebelum Anda mencoba untuk hamil. Mencegah Diabetes Gestasional

  1. Diet sehat

Fokus pada makan sehat. Tujuan utama dari diet adalah untuk menjaga gula darah Anda tetap stabil dan normal sepanjang hari.

  • Makan lebih banyak serat minim 10 gram / hari. Serat akan membantu Anda menstabilkan kadar gula termasuk biji-bijian, buah-buahan (terutama plum), dan sayuran (terutama sayuran berdaun hijau).
  • Tingkatkan asupan protein. Protein merupakan bagian penting dari diet yang sehat, dan menyediakan banyak vitamin B untuk membantu mencegah cacat lahir. Daging tanpa lemak, seperti ayam, merupakan sumber protein yang baik dan aman bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi. Hindari ikan kalengan karena tingkat merkuri yang tinggi dapat berbahaya bagi wanita hamil. Mencegah Diabetes Gestasional
  • Nikmati buah segar secukupnya. Buah segar baik untuk Anda, tapi hindari jus buah manis.
  • Hindari tepung putih seperti gula, tepung kentang dan pasta. Jika ingin mengonsumsi, gunakan secara terbatas, jangan berlebihan.
  • Perhatikan waktu dan berapa banyak jumlah makanan yg Anda makan. Setiap makanan akan meningkatkan gula darah. Tubuh melepaskan insulin dalam menanggapi gula darah tinggi yang terjadi setelah Anda makan. Buat jadwal disiplin makan sesuai rencana diet. Mencegah Diabetes Gestasional
  1. Olahraga

Berolahraga sebelum dan selama kehamilan dapat membantu Anda mencegah diabetes gestasional. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang aktif secara fisik selama 4 jam seminggu atau 30 menit sehari, sebelum dan selama kehamilan dapat mengurangi risiko diabetes gestasional pada sekitar 70%.

Anda dapat menggabungkan beberapa kegiatan olahraga ringan untuk menjaga stres seperti mencuci baju, menyapu halaman, bersepeda ringan dll. Pastikan memantau detak jantung Anda saat berolahraga dan tidak pernah melebihi detak jantung yang direkomendasikan untuk target usia dan berat badan.

  1. Kunjungi dokter atau ahli medis secara disiplin

Menjadi pasien proaktif untuk berbagai informasi penting dari ahli medis dapat membantu dalam mencegah diabetes gestasional. Konsultasikan semua daftar obat atau suplemen yang Anda konsumsi dan laporkan semua keluhan Anda. Tanyakan juga, apa rekomendasi diet atau olahraga yang sesuai bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Mencegah Diabetes Gestasional

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)