Mencegah Diabetes Pada Anak

Mencegah Diabetes Pada Anak

 

Ketahui cara mencegah diabetes pada anak pada artikel berkut ini ! Banyak orang beranggapan bahwa diabetes atau kencing manis adalah penyakit orang dewasa. Padahal, nyatanya penyakit ini juga bisa diderita oleh anak-anak, serta dampak buruk yang diakibatkan oleh diabetes pada anak pun tidak bisa disepelekan. Sehingga, sangat penting bagi orang tua untuk mengenali sejak dini penyakit diabetes pada anak.

Mencegah Diabetes Pada Anak

Mencegah Diabetes Pada Anak

Pada anak-anak yang terkena penyakit diabetes, risiko paling berat yang kemungkinan terjadi ialah kematian. Risiko kematian bisa saja terjadi pada anak karena kondisi hyperglikemi (kadar gula darah yang berlebihan) tidak segera tertangani. Kondisi di mana kadar gula terlalu banyak di dalam darah menyebabkan anak seringkali merasa lapar dan haus sehingga berbanding lurus juga dengan keinginan untuk buang air kecil yang sering serta mengompol adalah bukan hal yang aneh lagi meski anak-anak sudah besar.

Kondisi hyperglikemi sendiri bisa menyebabkan anak mengalami dehidrasi, loyo, terjadi penurunan kesadaran, sampai kejang dan menyebabkan kematian mendadak (sudden death). Sedangkan pada kondisi di mana pengobatan sempat dilakukan, namun diberikan dengan berlebihan hingga menyebabkan terjadinya keadaan yang sebaliknya yaitu hypoglikemi (kadar gula darah yang sangat rendah). Kekurangan kadar gula di dalam darah dapat menyebabkan anak mudah lelah, sering mengeluarkan keringat dingin, emosional, pingsan, terjadinya kerusakan sel secara permanen yang dapat mengganggu fungsi organ serta tumbuh kembang anak.

Bagaimana cara mencegah diabetes pada anak ?

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah mereka dari serangan diabetes. Berikut cara mencegah diabetes pada anak :

  1. Memulai Dari Rumah

Cara mencegah diabetes pada anak dapat dimulai dari rumah, dimana orangtua dapat memantau dan mendidik anak mengenai apa yang sedang terjadi pada tubuh mereka. Awasilah apa yang anak-anak makan, dan pastikan makanan yang dikonsumsi sehat. Ajari anak gaya hidup sehat, baik itu dengan menjaga asupan makanan sampai berolahraga.

  1. Melakukan Aktifitas Fisik

Cara mencegah diabetes yaitu dengan melakukan aktifitas fisik. Pastikan aktivitas fisik secara rutin untuk anak. Anda bisa mengajak anak untuk berolahraga seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berlari. Cukupi olahraga rutin setiap harinya, paling tidak 30 menit.

  1. Mengecek Kondisi Kesehatan

Cara mencegah diabetes pada anak dapat juga dilakukan dengan mengecek kondisi kesehatan anak secara berkala. Dalam hal ini, sebagai orang tua harus mengetahui cek jadwal rutin untuk pengecekan kadar gula darah anak.

  1. Menjauhkan Dari Rokok

Cara mencegah diabetes pada anak kurangi atau bahkan hilangkan asap rokok di lingkungan anak.

  1. Beristirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan cara mencegah diabetes pada anak. Meskipun aktivitas fisik penting, namun istirahat juga harus diperhatikan.

  1. Tidak Boleh Stres

Kendalikan stres anak merupakan cara mencegah diabetes pada anak. Bukan hanya orang dewasa. Stres pada anak juga akan mempengaruhi kesehatan secara umum.

  1. Rutin Berolahraga

Cara mencegah diabetes dengan rutin berolahraga .Olahraga bagi anak-anak dan orang dewasa memiliki manfaat yang cukup besar, terlebih dapat mencegah terkena diabetes. Olahraga dapat membantu menjaga tingkat gula darah tetap normal. Ajaklah anak-anak untuk berolahraga atau beraktivitas agar selalu sehat dan aktif.

  1. Melakukan Diet Sehat

Diet sehat merupakan penceghan diabetes pada anak. Meskipun anak memiliki ‘warisan’ diabetes, Anda harus mengupayakan agar anak tetap mengonsumsi makanan rendah kalori, dan nutrisi yang seimbang seperti vitamin, mineral, dan juga serat.

  1. Memilih Makanan Yang Sehat

Melibatkan anak dalam memilih makanan sehat merupakan salah satu cara agar anak menjalani pola hidup sehat dan merupakan cara mencegah diabetes pada anak. Mengajak dan mengajari anak membeli dan menyiapkan makanan tentu menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda. Apa yang anak konsumsi tentu tergantung pada orangtuanya, untuk itu berikan batasan serta mengontrol apa saja yang dapat anak-anak makan.

Untuk cara mengobati dan cara mencegah diabetes pada anak setidaknya diperlukan waktu dalam penyembuhannya karena tergantung dengan metabolisme tubuh serta berat ringannya keluhan. Dan lebih bagus lagi sebagai perlindungan dan cara mencegah Diabetes pada anak sebaiknya menggunakan Super Lutein (S-Lutena) untuk dikonsumsi sebagai suplemen harian. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam super lutein ini mempunyai andil dalam kesehatan tubuh secara menyeluruh. Super Lutein (S-Lutena) adalah obat herbal yang 100% herbal organik yang cara kerjanya memperbaiki metabolisme tubuh terlebih dahulu. Penyembuhan S.Lutena secara bertahap dan pasti.

Mencegah Diabetes Pada Anak

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*