Mencegah Diabetes Tipe 2

Mencegah Diabetes Tipe 2

 

Diabetes adalah penyakit kronis (menahun) yang terjadi ketika pankreas (kelenjar ludah perut) tidak memproduksi cukup insulin, atau ketika tubuh tidak secara efektif  menggunakan insulin. Diabetes biasa ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Sedangkan diabetes tipe 2 adalah diabetes yang disebabkan tubuh tidak efektif menggunakan insulin atau kekurangan insulin yang relatif dibandingkan kadar gula darah.

Mencegah Diabetes Tipe 2

Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 diduga disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Banyak pasien diabetes melitus tipe 2 memiliki anggota keluarga yang juga menderita diabetes melitus tipe 2 atau masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan diabetes, misalnya kolesterol darah yang tinggi, tekanan darah tinggi (hipertensi) atau obesitas. Keturunan ras Hispanik, Afrika dan Asia memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menderita diabetes melitus tipe 2. Sedangkan faktor lingkungan yang mempengaruhi risiko menderita diabetes melitus tipe 2 adalah makanan dan aktivitas fisik kita sehari-hari.

Gejala diabetes melitus bisa saja berbeda-beda pada setiap orang. Tingginya kadar glukosa dalam darah dapat menimbulkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Sering merasa haus
  • Sering merasa lapar, bahkan setelah makan
  • Frekuensi buang air kecil (urinasi) meningkat
  • Mulut kering
  • Mual atah muntah
  • Berat badan menurun drastis
  • Kelelahan (lemah dan merasa capai)
  • Sakit kepala
  • Pandangan kabur
  • Mudah mengalami infeksi kulit
  • Luka yang lambat sembuh, walaupun hanya berupa luka gores

Bagaimana cara mencegah diabetes tipe 2 ?

Berikut beberapa cara mencegah diabetes tipe 2, antara lain :

  1. Menekan Berat Badan

Dengan mengontrol berat badan, Anda bisa menurunkan resistensi insulin dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. Untuk mencegah diabetes tipe 2, kita setidaknya membutuhkan dua setengah jam dalam seminggu untuk melakukan pembakaran glukosa melalui latihan kardio seperti berlari, bersepeda, atau berenang.

  1. Cukup Tidur

Kurang tidur dapat memicu resistensi insulin, terutama bagi orang yang secara genetik cenderung terkena diabetes. Sebuah studi di University of Chicago menemukan bahwa mereka yang secara teratur tidur kurang dari enam jam setiap malam berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2. Cobalah untuk mendapatkan setidaknya tujuh jam waktu tidur saat malam untuk mencegah diabetes tipe 2.

  1. Perbanyak Serat

Untuk mencegah diabetes tipe 2 batasi makan atau minum sesuatu yang manis untuk memperlambat aliran glukosa ke dalam darah. Ketika Anda menginginkan sesuatu yang manis, Anda bisa memilih buah yang kaya serat seperti raspberry atau pir. Dan mempertimbangkan untuk mulai mengonsumsi beras merah sebagai menu harian Anda. Makan dua porsi atau lebih beras merah dalam seminggu dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 11 persen, menurut studi Archives of International Medicine.

  1. Hindari Stres

Stres kronis merupakan faktor risiko untuk berbagai penyakit serius, termasuk diabetes. Ketika tubuh Anda merasakan stres, ia akan melepaskan hormon yang meningkatkan gula darah. Untuk itu, lakukan latihan pernapasan atau meditasi secara rutin, mendengarkan musik yang menenangkan, atau mendapatkan pijatan yang dapat mengurangi hormon stres dan membantu menurunkan gula darah secara keseluruhan dan untuk mencegah diabetes tipe 2.

  1. Konsumsi Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam makanan seperti ika, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Konsumsi setidaknya satu porsi makanan laut sekali seminggu untuk mencegah diabetes tipe 2. Mencegah Diabetes Tipe 2

  1. Perbanyak Vitamin D

Vitamin D dapat menjadi faktor kunci dalam memerangi diabetes. Sebuah ulasan yang dipublikasikan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin D berisiko terkena diabetes tipe 2. Konsumsi setidaknya 1.000 sampai 2.000 IU vitamin D per hari untuk mencegah diabetes tipe 2. Anda bisa menemukan kandungan vitamin ini dalam susu, ikan, atau suplemen.

  1. Kayu manis

Mencegah diabetes tipe 2 dengan kayu manis. Kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah, seperti ditulis dalam penelitian di Journal of American Board of Family Medicine. Kaya akan nutrisi yang disebut polifenol, rempah-rempah beraroma ini dapat membantu insulin melakukan tugasnya dengan lebih efektif. Taburkan kayu manis bubuk ke dalam semangkuk oatmeal untuk mencegah diabetes tipe 2.

  1. Mengonsumsi Karbohidrat Baik

Abaikan kue, kentang goreng, dan karbohidrat olahan lainnya. Gantilah karbohidrat dengan yang lebih sehat – buah, sayuran, sereal dan roti gandum utuh. Untuk mencegah diabetes tipe 2, carilah produk dengan kadar serat yang baik; serat telah terbukti menurunkan gula darah dan bertindak sebagai “pembersih” yang memperlambat proses pencernaan dan kecepatan glukosa memasuki aliran darah.

Selain cara mencegah diabetes tipe 2 diatas, Untuk mengobati dan mencegah diabetes tipe 2 Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang baik untuk metabolisme dan kesehatan tubuh. S-Lutena (Nama Super lutein yang digunakan di Indonesia) adalah herbal yang sangat baik untuk kesehatan organ tubuh manusia secara keseluruhan.  S-Lutena berisi 6 jenis yang paling penting dari karotenoid, lima jenis nutrisi yang paling penting berdasarkan kebutuhan manusia dan mengkombinasikan fungsi vegetatif dengan proporsi yang terbaik.

S-Lutena juga berfungsi sebagai herbal antikanker yang telah direkomendasikan oleh 6600 dokter spesialis di dunia. S-Lutena juga berfungsi sebagai antiaging dan antioksidan yang mampu melakukan regenerasi sel tubuh yang rusak. Super lutein mampu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik sehingga berfungsi maksimal.

Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid/Haid Tidak Normal, Borok/Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh/Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Inilah delapan cara mencegah diabetes tipe 2. Hindari sebelum Anda benar-benar terkena penyakit serius ini.

Mencegah Diabetes Tipe 2

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*