was successfully added to your cart.

Obat Herbal Diabetes Melitus

By June 30, 2014 Uncategorized

Obat Herbal Diabetes Melitus

Obat Herbal– Diabetes Melitus (DM) adalah keadaan di mana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah menjadi tinggi karena tubuh tidak dapat memproduksi atau mengeluarkan insulin secara cukup. Dan dari beberapa tes secara langsung, pada umumnya air seni pengidap diabetes rasanya manis karena mengandung banyak gula.

Insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas, sebuah organ di samping lambung. Hormon ini melekatkan dirinya pada reseptor-reseptor yang ada pada dinding sel. Insulin bertugas untuk membuka reseptor pada dinding sel agar glukosa memasuki sel. Obat Herbal– Lalu sel-sel tersebut mengubah glukosa menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas. Dengan kata lain, insulin membantu menyalurkan gula ke dalam sel agar diubah menjadi energi. Jika jumlah insulin tidak cukup, maka terjadi penimbunan gula dalam darah sehingga menyebabkan diabetes.

Obat Herbal– Gejala utama diabetes adalah sering buang air kecil, sering merasa lapar, sering merasa haus, serta berat badan yang menurun. Selain gejala-gejala tersebut, gejala yang sering di alami oleh penderita penyakit gula adalah timbul kesemutan pada jari tangan dan kaki, kurang gairah kerja, mudah mengantuk, badan terasa lemah, gatal-gatal, luka yang sulit sembuh, penglihatan kabur, gairah seks menurun bahkan sampai impotensi, dan keputihan.

obat herbal diabetes melitus

obat herbal diabetes melitus

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes

berikut ini faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes melitus, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat
  • Merokok dan stres
  • Gaya hidup modern yang cenderung mengkonsumsi makanan instan
  • Level kolesterol yang tinggi
  • Angka triglycerid (salah satu molekul lemak) yang tinggi
  • Tekanan darang tinggi
  • Kegemukan/obesitas biasanya terjadi pada usia 40 tahun
  • Faktor keturunan
  • Kerusakan pada sel pankreas

Diabetes tergolong penyakit menahun, bahkan tidak jarang pasien penderita kencing manis bergantung obat sepanjang hidupnya. Padahal obat sendiri membawa dampak ekonomi selain efek samping tentunya. Oleh karena itu tidak heran banyak penderita diabetes melirik penggunaan tanaman obat untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya. Beberapa tanaman obat antidiabetes yang selain telah digunakan secara tradisional juga telah diteliti secara ilmiah.

Berbagai Tanaman Yang Memiliki Khasiat Sebagai Obat Herbal Alami Diabetes, diantaranya :

  • Obat Herbal- Beberapa jenis buah : Apel, mangga, prem, kiwi, pir, beri hitam, strawberry, rasberri, persik, aprikot, jeruk, anggur. Merupakan buah-buahan yang kaya akan serat, dan sangat membantu penderita diabetes.
  • Obat Herbal– Buncis : setengah kacang merah rebus, kacang kranberi, butterbean, kacang panggang kaleng, kacang hitam, kacang navy, lentil, kacang pinto. kacang great northern, kacang polong, kacang belah, dan kacang lima.
  • Obat Herbal- Beberapa jenis sayuran : Articok, umbi seledri, ubi, par-snip, lobak china, labu acorn, kentang, kubis brussel, kubis, kacang polong, brokoli, wortel, kacang hijau prancis, kembang kol, asparagus, but.
  • Obat Herbal-Gandum dan oatmeal : setengah cangkir oatmeal, menambah serat larut sebanyak 3 gram, dan 1 cangkir oatmeal masak mengandung 2gr serat larut, 1 saset oatmeal instan menambah 1gr serat.
  • Obat Herbal– Produk biji Psilium : Satu sendok teh penuh sebagian besar produk psilium akan memberikan sekitar 3 gram serat larut.
  • Obat Herbal- Gandum Hitam : Gandum jenis ini biasanya ada di wilayah Amerika, dan biasanya di masak sebagai sup.
  • Obat Herbal- Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah Lidah Buaya. Lidah buaya kerap dianggap sebagai ‘ramuan penyembuh’. Getah kering lidah buaya dan gel (bagian dalam daun) digunakan secara tradisional untuk mengobati diabetes karena diyakini dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa dan HbA1c.
  • Obat Herbal- Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah daun mangga. Daun Mangga diketahui sebagai obat yang efektif pada diabetes . Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.
  • Obat Herbal- Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah ginseng asia. Ginseng Asia umumnya digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengobati diabetes. Tumbuhan ini mempunyai efek langsung dalam menurunkan gula, meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas dan meningkatkan jumlah reseptor insulin.

 

 Obat Herbal Diabetes Melitus

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)