was successfully added to your cart.

Pantangan Penderita Diabetes Melitus

By August 31, 2016 Uncategorized

Pantangan Penderita Diabetes Melitus

 

Penderita Penyakit diabetes harus selalu menjaga kestabilan gula darahnya. Salah satu cara untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya, penderita penyakit diabetes ini umumnya dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Anjuran untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman jenis tertentu ini kemudian disebut dengan pantangan penderita diabetes melitus. Maka dari itu, sangat diperlukan untuk penderita diabetes mengetahui apa saja yang menjadi pantangan makanan untuk penderita diabetes tersebut.

Pantangan Penderita Diabetes Melitus

Pantangan Penderita Diabetes Melitus

Pantangan Penderita Diabetes Melitus yang Harus Diperhatikan

Bagi penderita diabetes, asupan makanan sangat berpengaruh. Oleh karena itu, Pantangan diabetes memang umumnya meliputi konsumsi makanan dan minuman jenis tertentu. Namun ternyata pantangan diabetes tidak hanya seputar makanan dan minuman. Untuk mengetahui pantangan diabetes lebih lanjut anda perlu memperhatikan Pantangan diabetes supaya anda terhindar dari hal – hal buruk yang mungkin terjadi akibat kelebihan kadar gula dalam darah.

Inilah daftar pantangan penderita diabetes melitus antara lain :

  • Sumber Karbohidrat Tinggi

Pantangan penderita diabetes melitus adalah makanan tinggi karbohidrat. Makanan ini merupakan oknum penyebab gula darah naik drastis. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi harus sesuai dengan anjuran dokter.

  • Mie, Spagheti dan Roti

Mie, spagheti dan roti juga penyebab gula darah naik ? Benar, alasannya makanan – makanan tersebut dibuat dari tepung gandum dan tepung beras yang telah kita ketahui bersama bahwa jenis tepung tersebut banyak mengandung karbohidrat yang akan berisiko meningkatkan kadar gula darah.

  • Buah dengan kadar gula tinggi

Buah pada dasarnya memiliki serat yang baik bagi kesehatan kita semua. Namun, untuk penderita diabetes, hal tersebut tidaklah berlaku secara umum. Ada beberapa buah yang perlu dihindari, karena kandungan gula darahnya yang tinggi dan itu tidak baik bagi penderita penyakit diabetes. Diantaranya yang tidak termasuk dalam Pantangan Penderita Diabetes Melitus ialah pisang, mangga, nangka dan durian.

  • Kafein dan Alkohol

Pantangan penderita diabetes melitus adalah kafein dan alkohol. Alkohol adalah minuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk.

  • Makanan Berlemak

Pantangan penderita diabetes melitus adalah makanan berlemak. Makanan berlemak, makanan berminyak dan yang mengandung gula seringkali memberikan asupan kalori yang terlalu berlebihan. Sementara itu, kandungan nutrisinya malah lebih sedikit. Inilah yang menyebabkan mengapa penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan tersebut, mengingat umumnya makanan tersebut menjadi pemicu obesitas dan seringkali memicu penyakit diabetes.

  • Kentang

Kenapa kentang menjadi pantangan penderita diabetes melitus ? Karena Kandungan karbohidrat pada kentang yang tinggi, membuat indeks glikemiknya juga tinggi. Untuk itu, kurangi konsumsi kentang, baik yang dipanggang, direbus maupun digoreng.

  • Rokok

Bagi anda penderita penyakit diabetes dan memiliki kebiasaan buruk, yaitu merokok maka segeralah jauhi rokok karena bisa membahayakan anda sendiri dan orang lain. Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen. Disebutkan pula bahwa naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan dan olahraga

  • Olahraga terlalu berat

Pantangan penderita diabetes melitus yang terakhir rupanya tidak terkait dengan makanan. Olahraga memang disarankan bagi penderita diabetes agar mereka dapat menjaga kestabilan gula darah mereka.

Namun mengingat kondisi fisik mereka yang lemah akibat kadar gula darah mereka, disarankan agar melakukan olahraga ringan dan tidak berlebihan. Jika tidak, ditakutkan tubuh akan mengalami dehidrasi dan itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Nah,itulah beberapa pantangan penderita diabetes melitus yang harus anda perhatikan, agar diabetes anda tidak semakin parah. Untuk mengobati dan mencegah penyakit diabetes Anda bisa dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk kesehatan atau metabollisme tubuh. Ada banyak suplemen kesehatan yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen kesehatan S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit salah satunya penyakit diabetes. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

Pantangan Penderita Diabetes Melitus

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)