Pencegahan Diabetes Insipidus

Pencegahan Diabetes Insipidus

 

Bagaimana cara pencegahan diabetes insipidus ? Diabetes insipidus adalah kondisi yang menyebabkan seringnya frekuensi buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan. Diabetes insipidus dapat membuat tidur malam Anda terganggu dan dapat menyebabkan mengompol. Gejalanya mirip dengan diabetes melitus namun penyebabnya berbeda. Diabetes melitus disebabkan karena masalah insulin dan kadar gula darah yang tinggi sedangkan diabetes insipidus dipengaruhi kerja ginjal Anda terhadap urin. Keduanya tidak berhubungan.

Pencegahan Diabetes Insipidus

Pencegahan Diabetes Insipidus

Tanda yang paling sering terjadi pada pasien diabetes insipidus yaitu seringnya frekuensi buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan. Gejala lain dapat berupa:

  • Urin tampak encer dan pudar
  • Sering kencing saat malam hari
  • Mengompol

Beberapa gejala dan tanda pada bayi dan anak yaitu:

  • Demam, muntah atau diare
  • Popok basah yang tidak biasa
  • Pertumbuhan yang terlambat
  • Penurunan berat badan
  • Rewel tidak beralasan atau terus menangis
  • Kulit kering dan anggota gerak teraba dingi

Diabetes insipidus jarang terjadi. Penyakit ini lebih sering terjadi pada laki-laki dibanding perempuan. Penyakit ini dapat terjadi di semua usia. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor risikonya. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Pencegahan Diabetes Insipidus

Berikut adalah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk pencegahan diabetes insipidus, yaitu :

  1. Cek kesehatan tubuh kita

Pencegahan diabetes insipidus dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.

  1. Ubah pola makan kita

Pencegahan diabetes insipidus dengan pola makan yang sehat. Ubah pola makan kita menjadi pola makan yang lebih sehat, perbanyaklah makan-makanan sayur serta buah yang kaya akan serat. Kurangi makan-makanan instant siap saji yang banyak mengandung bahan kimia dan pengawet.

  1. Perbanyak aktifitas (olahraga)

Pencegahan diabetes insipidus dengan berolahraga. Olahraga teratur bisa membantu mencegah diabetes dengan mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Olahraga sangat penting terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi. Dengan melakukan aktifitas fisik dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sensitivitas hormone insulin yang dapat membantu menjaga kenormalan kadar gula darah.

  1. Diet sehat

Pencegahan diabetes insipidus dengan diet sehat. Bagi Anda yang memiki berat badan berlebih lakukan diet yang sehat agar terhindar dari penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

  1. Jangan merokok

Pencegahan diabetes dengan tidak merokok. Merokok dapat membuat kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur gula darah tetap normal menjadi berkurang, sehingga dapat memicu penyakit diabetes, selain itu rokok juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga kanker paru-paru.

  1. Hindari stress

Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan untuk pencegahan diabetes insipidus.

  1. Tidur nyenyak

Mendapatkan setidaknya enam jam tidur di malam hari sangat penting untuk pencegahan diabetes insipidus. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan bertambah.

Nah, selain cara pencegahan diabetes insipidus di atas, pencegahan diabetes insipidus lainnya adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Ada banyak suplemen kesehatan yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen kesehatan S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit kronis. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

s-lutena-obat-diabetesMengapa harus S.Lutena? Peranan S.Lutena dapat membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit mata dan lebih baik lagi digunakan sebagai suplemen harian dikarenakan kandungan 6 karotenoid dan 5 komponen penting dalam S-Lutena yang mempunyai andil dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik termasuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh. SLutena ini merupakan pilihan terbaik bagi masyarakat modern yang ingin menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi setiap hari.

Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mata Katarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Pencegahan Diabetes Insipidus

This entry was posted in Diabetes gestasional, Diabetes insipidus, Diabetes melitus, Diabetes tipe 1, Diabetes tipe 2, Gejala diabetes, Jenis diabetes, Mencegah diabetes melitus, Obat diabetes melitus, Penyebab diabetes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*