Pencegahan Diabetes Melitus

Pencegahan Diabetes Melitus

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi gula darah, hal ini terjadi karena glukosa (gula sederhana) di dalam darah terlalu tinggi. Faktor lingkungan yang sangat mempengaruhi untuk seseorang berpotensial terserang penyakit diabetes melitus adalah pola makan dan pola hidup yang jelek. Pencegahan Diabetes Melitus–  Pola makan yang terbiasa dengan makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori tinggi sangat berpotensi untuk meningkatkan resiko diabetes. Pencegahan Diabetes Melitus– Adapun pola  hidup jelek adalah pola hidup yang tidak teratur dan penuh tekanan kejiwaan seperti stres yang berkepanjangan, perasaan khawatir dan takut yang berlebihan dan jauh dari nilai-nilai spiritual diyakini sebagai faktor terbesar untuk seseorang gampang terserang penyakit berat baik diabetes maupun penyakit berat lainnya. Pencegahan Diabetes Melitus– Di samping itu aktifitas fising yang rendah juga berpotensi untuk seseorang terjangkit penyakit diabetes.

pencegahan diabetes melitus

pencegahan diabetes melitus

Pencegahan Diabetes Melitus– Diabetes banyak menyerang kaum wanita (bukan tidak mungkin laki-laki) terutama yang sudah dewasa, karena faktor jarangnya memperhatikan makanan. Tetapi sekarang ini juga banyak penderita yang masih remaja seusia belasan tahun sudah mengidap penyakit ini. Oleh sebab itu bagi kita yang memiliki keluarga yang terkena diabetes agar segera mewaspadainya sejak dini hari (keturunan yang mengidap penyakit tersebut missal anak dan cucu) agar jangan sampai setelah tua nanti baru merasakan akibatnya.

Melakukan upaya pencegahan diabetes melitus semenjak dari awal atau sebelum terkena penyakit diabetes merupakan suatu tindakan yang sangat bijaksana. Upaya pencegahan diabetes atau pencegahan diabetes melitus seharusnya sudah menjadi kesadaran kita bersama. Sangat benar pepatah yang mengatakan “MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI”.

Ingat ! Penyakit diabetes merupakan penyakit yang cukup mematikan. Lebih-lebih lagi diabetes melitus bisa dikatakan sebagai gerbang untuk penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, penyakit kanker, dan penyakit berat lainnya. Jangan jangan pertaruhkan kesehatan Anda di masa yang akan datang dengan Anda teledor untuk mencegah penyakit diabetes ini.

Pencegahan Diabetes Melitus- Anda pun  harus tahu bahwa biaya pengobatan diabetes atau pengobatan diabetes melitus tidaklah murah ketika Anda sudah tervonis terserang penyakit diabetes melitus tahap parah. Jadi segera lakukan berbagai upaya untuk Anda bisa mencegah diri dari terjangkitnya penyakit diabetes mellitus.

Di bawah ini ada beberapa upaya yang bisa atau bahkan harus Anda lakukan untuk Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Terapkan pola hidup sehat

Pencegahan Diabetes Melitus- Buatlah hidup Anda teratur dan terjadwal didalam menjalankan aktivitas kehidupan. Ketidak teraturan dalam pola  hidup akan sengat mempengaruhi kerja berbagai organ dan kelenjar.

2. Terapkan pola makan yang baik dan sehat

Pencegahan Diabetes Melitus- Jaga diri Anda dari masuknya asupan makanan yang tidak sehat dan beresiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang seperti makanan dengan tinggi lemak, makan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan

3. Jaga kondisi mental spiritual Anda

Pencegahan Diabetes Melitus- Jauhkan dari kondisi stres yang berkepanjangan, jauhi dari sikap suka marah, dan selalu menjalin hubungan dengan Tuhan dengan berbagai Ibadah dalam agama. Kondisi mental spiritual sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

4. Lakukan aktivitas fisik secara rutin

Pencegahan Diabetes Melitus- Aktifitas fisik bisa dilakukan dengan olahraga, pekerjaan yang penuh dengan aktifitas fisik seperti berbelanja ke pasar dengan jalan kaki dan lain sebagainya

5. Jaga berat bandan pada batas ideal

Pencegahan Diabetes Melitus-  Anda mengalami Obesitas atau kegemukan? Segera turunkan berat badan Anda. Obesitas memiliki faktor resiko yang sangat tinggi untuk seseorang terserang berbagai penyakit berat  seperti jantung koroner, kanker, dibetes melitus, dan penyakit berat lainnya.

6. Jauhi rokok dan minuman beralkohol

Pencegahan Diabetes Melitus- Anda merokok dan suka minuman beralkohol? Hati-hati ! Anda telah menyiapkan masa depan yang sangat membahayakan terhadap kesehatan Anda. Anda sengat rentan untuk terserang penyakit diabetes dan penyakit berat lainnya dikemudian hari.

7. Pencegahan Diabetes Melitus- Konsumsilah berbagai herbal yang bisa mencegah dibetes mellitus

 

Itulah beberapa hal dan upaya yang harus Anda lakukan untuk adan bisa melakukan pencegahan diabetes melitus. Insya Allah dengan langkah upaya di atas Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berat dan ringan. Dan jangan lupa banyak-banyaklah Anda berdo’a kepada Allah untuk dihindarkan dari penyakit-penyakit berat. Dialah yang menurunkan penyakit dan obatnya. Jadi hanya kepada-Nyalah kita berserah diri. Jangan Anda remehkan  untuk urusan yang terakhir ini.

 

Pencegahan Diabetes Melitus

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*