was successfully added to your cart.

Penyakit Diabetes Keturunan

By January 27, 2016 Uncategorized

Penyakit Diabetes Keturunan

 

Penyakit Diabetes Keturunan, Diabetes atau lebih tepatnya diabetes mellitus (DM), atau dalam bahasa sehari-hari disebut kencing manis, adalah suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah sebab tidak dapat digunakan oleh tubuh. Pada orang normal, karbohidrat (berbagai jenis tepung dan gula) yang dimakan akan diubah menjadi glukosa di dalam saluran pencernaan.

Penyakit Diabetes Keturunan

Penyakit Diabetes Keturunan

Glukosa ini kemudian akan dibawa oleh darah ke seluruh tubuh dan masuk ke dalam sel untuk dimanfaatkan antara lain sebagai bahan baku energi. Masuknya glukosa ke dalam sel berlangsung dengan bantuan insulin, yaitu sejenis hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Insulin berperan layaknya kunci yang membuka jalan masuk glukosa ke dalam sel.

Pada penderita diabetes mellitus atau DM, gula tidak dapat atau sukar masuk ke dalam sel. Hal ini disebabkan oleh sedikitnya hormon insulin yang diproduksi kelenjar pankreas, atau karena sel tidak dapat memberikan respon yang baik terhadap insulin walaupun insulinnya sendiri sebenarnya cukup jumlahnya. Dalam bahasa ilmiah dikatakan karena kurangnya jumlah atau aktivitas reseptor insulin yang terdapat pada sel. Akibatnya gula akan menumpuk di dalam darah, tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh dan akhirnya dibuang melalui air seni. Gangguan metabolisme karbohidrat ini menyebabkan tubuh kekurangan energi.

Apakah diabetes merupakan penyakit keturunan ? Dengan sangat menyesal saya harus menjawab bahwa banyak ahli menyimpulkan diabetes memang ada hubungannya dengan faktor keturunan. Seseorang yang kedua orang tuanya menderita diabetes sudah hampir dipastikan juga akan menderita penyakit diabetes keturunan.

Namun demikian kita tidak perlu terlalu khawatir dan berkecil hati, sebab sebenarnya tidak terlalu sukar mengatasi penyakit diabetes keturunan asal kita mempunyai tekad dan disiplin yang kuat mengatur gaya hidup, terutama pola makan dan olah raga. Penyakit diabetes keturunan memang tidak dapat disembuhkan, dikatakan ”penyakit seumur hidup” (lifelong disease), namun gejala dan komplikasi yang ditimbulkannya dapat diminimalkan asal kita dapat mengelolanya dengan baik. Istilahnya, hidup damai bersama diabetes.

Untuk dapat hidup aman dan damai bersama diabetes, kita harus rajin dan disiplin mengatur pola diet dan olahraga, di samping rutin memeriksakan kadar gula darah kita serta disiplin makan obat sebagaimana yang ditentukan dokter, penyakit diabetes keturunan.

Diet perlu dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat (berbagai jenis gula dan tepung termasuk nasi, kentang, ubi, singkong dan lain sebagainya), mengurangi makanan berlemak (daging berlemak, kuning telur, keju, dan susu tinggi lemak) serta memperbanyak makan sayur dan buah sebagai sumber serat, vitamin dan mineral. Sebagai sumber protein kita dapat memanfaatkan ikan, ayam (terutama daging dada), tahu dan tempe.

Selain mengatur pola makan, penderita penyakit diabetes keturunan disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur dengan cara bertahap sesuai dengan kemampuan. Olahraga yang ideal adalah yang bersifat aerobik seperti jalan atau lari pagi, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya, penyakit diabetes keturunan. Olahraga aerobik ini paling tidak dilakukan selama 30-40 menit didahului dengan pemanasan 5-10 menit dan diakhiri pendinginan antara 5-10 menit. Olah raga akan memperbanyak jumlah dan meningkatkan aktivitas reseptor insulin dalam tubuh kita, penyakit diabetes keturunan.

Disamping faktor turunan, ternyata faktor lingkungan juga sangat menentukan seseorang akan menderita diabetes atau tidak. Faktor lingkungan itu bisa berupa kegemukan (obesitas), pola makan tidak sehat–makan berlebihan, makanan banyak mengandung karbohidrat olahan, mengkonsumsi gula berlebihan, lemak, kurang mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran, buah-buahan–gaya hidup santai– olahraga kurang, banyak duduk, aktifitas fisik kurang– dan sebagainya

Jadi, bila seseorang, misalnya Anda sendiri mempunyai seorang Ibu menderita diabetes, Anda memang mempunyai kemungkinan lebih besar menderita penyakit diabetes keturunan dibandingkan dengan orang lain yang ke dua orang tuanya normal, apalagi kalau ke dua orang tua Anda penyandang diabetes, kemungkinan itu jadi lebih besar lagi untuk menderita penyakit diabetes keturunan. Tetapi, walaupun orang tua Anda penyandang diabetes, tidak berarti Anda serta-merta juga akan mengalami penyakit diabetes keturunan, faktor lingkungan itu juga akan sangat menentukan. Tidak semua anak yang orang tuanya menderita diabetes adalah penyandang diabetes juga di kemudian hari.

Lalu, apa yang harus anda lakukan untuk mencegah penyakit diabetes keturunan ? Yang jelas, orang tua tidak dapat Anda pilih, Anda tidak dapat melakukan apa-apa dalam hal ini. Namun, faktor lingkungan, seperti kegemukan, gaya hidup santai, kebiasaan pola makan yang tidak sehati dapat anda modifikasi, dibawah kendali Anda. Jadi bila berat badan Anda termasuk obes, overweight, usahakan untuk menurunkan berat badan Anda, kalau bisa mencapai berat badan normal. Penurunan berat badan 7-10% saja dari bedan semula dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit diabetes keturunan.

Berusahalah untuk lebih aktif, lakukan olahraga ringan seperti jogging, renang, sepeda paling tidak 30-40 menit, minimal 5 kali dalam satu minggu. Mengurangi kebiasaan duduk yang lama di depan TV, apalagi sambil duduk Anda juga ngemil, dapat membantu meurunkan risiko penyakit diabetes keturunan. Mengurangi porsi makan, memilih makanan yang sehat, banyak makan sayur, makanan berserat, makan sedikit, tapi lebih sering, membantu Anda mengurangi risiko penyakit diabetes keturunan. Berhenti merokok, mengontrol tekanan darah, bila tekanan darah Anda tinggi juga bermanfaat memperkecil kemungkinan Anda menjadi penyandang diabetes kelak.

Untuk mengobati penyakit diabetes keturunan Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang baik untuk metabolisme tubuh. S-Lutena (Nama Super lutein yang digunakan di Indonesia) adalah herbal yang sangat baik untuk kesehatan organ tubuh manusia secara keseluruhan. S-Lutena bisa digunakan sebagai suplemen harian untuk kebutuhan akan nutrisi tubuh atau digunakan sebagai herbal untuk pengobatan penyakit, penyakit diabetes keturunan.

S-Lutena berisi 6 jenis yang paling penting dari karotenoid, lima jenis nutrisi yang paling penting berdasarkan kebutuhan manusia dan mengkombinasikan fungsi vegetatif dengan proporsi yang terbaik. Super lutein juga berfungsi sebagai herbal antikanker yang telah direkomendasikan oleh 6600 dokter spesialis di dunia. S-Lutena juga berfungsi sebagai antiaging dan antioksidan yang mampu melakukan regenerasi sel tubuh yang rusak. Super lutein mampu memperbaiki metabolisme tubuh yang tidak baik sehingga berfungsi maksimal.

Super Lutein juga sangat ampuh untuk mengobati : Darah Tinggi , Kanker, Tumor, Migrain, Stroke, Diabetes Melitus, Jantung, Kolesterol, Sembelit, Kulit Kering, Nyeri Haid / Haid Tidak Normal, Borok / Luka, Nyeri Sendi, Sakit Pinggang, mataKatarak, Rabun Jauh / Dekat, Eksim, Arteriosklerosis, Periodontosis, Mata Minus / Plus, Rabun Senja, Mata Silindris, Sakit Ginjal, Hepatitis, dsb.

Penyakit Diabetes Keturunan

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)